Pendidikan

Universitas IBBI Mengadakan GEN AI Tour 2024, Menggali Potensi AI Generatif

Medan – WartaPoldasu, Dalam era digital yang terus berkembang, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi teknologi penting dalam berbagai sektor industri. AWS User Group Indonesia yang terdiri dari AWS User Group leader, AWS Community Builders, AWS Heroes dan partner komunitas lokal mengadakan Acara GEN AI Tour 2024 yang dipenuhi dengan sesi-sesi keren dan informatif tentang Generative AI (GenAI) dan implementasinya di AWS yang rencananya akan diselenggarakan di 8 kota di Indonesia, yakni: Medan, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Bali dan Makassar.

Dalam rangka mendukung kemajuan teknologi dan inovasi ini, Universitas IBBI bekerja sama dengan AWS User Group Indonesia, mengadakan GEN AI Tour 2024 di Medan pada Sabtu, 29 Juni 2024, bertempat di Auditorium UCSN Lantai 7, Universitas IBBI, dengan lebih dari 150 peserta yang terdaftar terdiri dari mahasiswa, profesional IT, dan penggemar AI.

Pada event ini peserta belajar tentang GenAI yang lagi hype, bagaimana membuat aplikasi GenAI dengan berbagai studi kasus dan tidak ketinggalan akan ada hackathon dan workshop yang super menarik. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam AI, khususnya AI Generatif.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan hangat dari Rektor Universitas IBBI, Ir. B Ricson Simarmata, MSEE., IPM,. ASEAN Eng. yang menekankan pentingnya teknologi AI dalam berbagai aspek kehidupan dan urgensi kolaborasi untuk pencapaian inovasi yang berkelanjutan. “Kita semua menyadari bahwa AI terus berkembang dengan sangat cepat. Generative AI sebagai salah satu cabang dari AI memiliki potensi besar untuk menciptakan inovasi baru dan meningkatkan efisiensi di berbagai sektor,” ungkap Rektor dalam pidatonya.

Acara ini dipandu oleh Ka.UPPS FaST, Bapak Wilianto, S.T., S.Pd. M.M., M.TI., yang juga bertindak sebagai MC dan Ketua Pelaksana. “Kami berharap acara ini tidak hanya sebagai platform edukasi tapi juga sebagai wadah untuk membangun jaringan antara mahasiswa dengan profesional industri,” ujar Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IBBI, Bapak Satriya Miharja, S.Kom., M.Kom. yang juga bertindak sebagai Penanggung Jawab Acara yang memberikan dukungan penuh. Kerjasama antara panitia Universitas IBBI dan AWS User Group Indonesia menjadi kunci suksesnya pelaksanaan workshop yang mendalam ini.

GEN AI Tour 2024 menawarkan serangkaian workshop interaktif yang mengedukasi tentang dasar-dasar AI dan aplikasi praktisnya, seperti AI generatif dan rekayasa prompt. Para pembicara yang terlibat, seperti Albert Suwandhi, Rio Astamal, Jimmy, Lintang Gilang Pratama dan Pugar Jayanegara, memberikan wawasan berharga dan praktik terbaik dalam pengembangan AI.

Kegiatan ini bertujuan:

  1. Edukasi:
    • Memberikan pemahaman dasar tentang konsep dan aplikasi AI kepada mahasiswa.
    • Untuk mendidik dan melatih peserta tentang teknologi dan praktik AI terbaru.
    • Untuk mendorong pembelajaran praktis melalui sesi yang mencakup pembuatan aplikasi AI.
  1. Kompetensi: Meningkatkan keterampilan teknis peserta dalam pengembangan dan implementasi AI.
  2. Promosi:
    • Dikarenakan peserta workshop bukan hanya dari internal IBBI, maka bisa dijadikan promosi universitas ke mahasiswa PT lain / komunitas teknologi lain.
    • Untuk memfasilitasi jaringan di antara profesional AI, mahasiswa, dan penggemar AI.
    • Memperkenalkan hasil karya dan pembelajaran mahasiswa/i di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas IBBI
  1. Inovasi: Menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi dan penelitian di bidang AI.

GEN AI Tour 2024 diharapkan memberikan manfaat besar bagi semua peserta, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam AI, serta mendorong terciptanya inovasi dan penelitian lebih lanjut. Acara ini juga memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dan paparan di bidang AI yang melengkapi kejaran akademis dan aspirasi karir mereka.

Agenda acara terdiri dari:

  1. Sesi 1: Panduan untuk Generative AI di 2024, Sesi ini membahas generative AI (GenAI) dan peran dari AI Engineer dan bagaimana harusnya kita belajar skill AI Engineer di 2024. Presentasi ini meliputi beberapa topik dasar seperti Foundation Model, Prompt Engineering, Retrieval Augmented Generation (RAG), Agents dan Fine-Tuning Model. (Speaker: Albert Suwandhi-AWS Hero)
  2. Sesi 2: Prompt Engineering Master Class, Prompt engineering merupakan sebuah teknik yang digunakan agar input yang diberikan ke AI model mendapatkan respons yang terbaik. Sesi ini akan memberikan panduan bagaimana melakukan prompt engineering secara efektif dan berbagai tips-nya. (Speaker: Lintang Gilang Pratama-Data Scientist Wilmar Consultancy Services)
  3. Sesi 3: Chat dengan Dokumen Internalmu menggunakan RAG, Penggunaan AI tidak akan bermanfaat banyak jika tidak bisa memahami data internal kita. Sesi ini akan menjelaskan implementasi dari Retrieval Augmented Generation (RAG) yang dapat digunakan agar AI memiliki konteks pemahaman sehingga kita dapat bertanya pada AI informasi yang ada pada data kita. Sumber data dapat berupa website, dokumen PDF, histori percakapan dan lain-lain. (Speaker: Jimmy-AWS Community Builder)
  4. PartyRock Challenge, PartyRock.aws adalah layanan untuk membuat aplikasi AI tanpa koding. Peserta akan ditantang untuk membuat aplikasi unik dan menarik dalam rentang waktu 30 menit. Pemenang mendapatkan hadiah merchandise super menarik. (Speaker: Albert Suwandhi, Rio Astamal, Jimmy)
  5. Break makan siang, break 1 jam untuk makan siang dan networking.
  6. Sesi 4: Evaluasi LLM dengan Game Street Fighter, Memilih Large Language Model (LLM) untuk digunakan pada aplikasi GenAI kita kadang tidak mudah. Pada sesi ini akan dibandingkan beberapa LLM bagaimana mereka bermain game Street Fighter III. Beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan adalah kecepatan, kecerdasan, dan cara beradaptasi. (Speaker: Pugar Jayanegara: Solutions Architect AWS)
  7. Sesi 5: Membuat AI photobooth Image Generator, Membuat image dari sebuah text prompt memang mudah, namun untuk mendapatkan style dan hasil yang unik maka diperlukan custom model. Pada sesi ini ditunjukkan bagaimana membuat aplilkasi photobooth memanfaatkan custom model Jugganaut XL, IP Adapter dan CodeFarmer untuk menghasilkan karakter dinamis dari foto pengguna. (Speaker: Rio Astamal-Developer Advocate AWS)
  8. Penutupan, Sesi penutupan dan pemberian hadiah untuk pemenang PartyRock challenge
  9. Workshop: Membuat Aplikasi GenAI Pertamamu, Sesi workshop membangun aplikasi GenAI menggunakan Amazon BedRock. Akun AWS disediakan oleh panitia. Kuota terbatas, hanya peserta yang mendaftar dan terpilih yang dapat mengikuti workshop. Peserta diwajibkan membawa laptop sendiri. (Rio Astamal, Albert Suwandhi, Jimmy)

Pemenang PartyRock Challenge:

  • Ifan Jaya Suswanto Zalukhu – Panduasa: Pemandu ke arah pengembangan AI Generatif untuk peningkatan karir
  • Rachmat KAP, MD – Heal Co.: Aplikasi kesehatan yang kamu mau
  • Kimberly – FitChef: Aplikasi ini dapat mengenerate meal plan berdasarkan fitness goals dan food cultural preferences

Kegiatan ini juga diharapkan untuk memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan akademik dan ekstrakurikuler, serta meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan kerjasama mereka. “Inisiatif seperti GEN AI Tour 2024 penting untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan masa depan dan membuka lebih banyak peluang karir di bidang teknologi,” tambah Ketua Pelaksana.

Acara ini terbuka untuk umum, menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung inovasi serta penelitian di bidang AI. Dengan demikian, GEN AI Tour 2024 tidak hanya mendidik tetapi juga memotivasi peserta untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dalam pengembangan solusi teknologi yang inovatif dan bertanggung jawab. Acara berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan penutupan oleh MC.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *