MEDAN | Warta Poldasu id- PT Musim Mas menggelar aksi Pemeriksaan Kesehatan dan donor darah sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat. Kegiatan donor darah dilakukan di halaman di Samping Perguruan Santo Paulus Jalan Pancing 1, Kelurahan besar, Kecamatan Medan Labuhan, bekerja sama dengan LPM,PMI Kota Medan, Rabu (08/11/23).

Jepri mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan oleh PT Musim Mas setiap tiga bulan sekali. “Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial PT Musim Mas kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” tuturnya.

Sementara itu,PT musimas martubung merupakan kegiatan CSAR dari PT musim mas itu sendiri dalam rangka memperingati hari kesehatan Nasional yang jatuh pada bulan november pada 11 november jadi kegiatan ini kita lakukan fasilitas kesehatan kepada masyarakat secara gratis kesehatan fasilitas cek gula darah periksa tensi dan juga kolestrol.

“Dan kami juga bekerja sama dengan LPM kota Medan ,PMI kota medan kita juga laksanakan donor darah dan masyarakat bisa memilih apa kah mau tes cek gula darah dan juga donor darah dan semoga harapan kita dengan ada perusahaan yang berada dilingkungan mayarakat dapat memberikan manfaat bagi mayarakat sekitar dan dari diri saya dan diri kami berharap sebesar besarnya kepada masyarakat trus mendukung program-program dari perusahaan yang memberikan dampak yang positif “jelasnya jepri.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh PT Musim Mas ini setidaknya terkumpul puluhan kantong darah dari sekitar 176 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari karyawan di lingkungan PT Musim Mas dan msayarakat. ”Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang tidak lolos karena tekan darahnya dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat, sementara sebagian kecil yang mendonorkan hanya puluhan orang saja jelasnya

Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari Ketua LPM Kel.Besar . Ia mengaku dari beberapa perusahaan yang ada di Kecamatan Medan Deli, hanya PT Musim Mas yang rutin melakukan aksi donor darah.

“Kegiatan ini harus kita beri apresiasi karena hasilnya sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

“Donor darah CSR dari musim Mas kolaborasi dengan PMI kota Medan dengan puskesmas kelurahan besar alhamdulillah berjalan dengan lancar pemeriksaan kesehatan secara gratis dan donor darah atau disebut dengan bakti sosial harapan nya kedepannya pihak musim mas peduli kepada masyarakat sekitar dan kedepannya dapat melakukan positif kepada masyarakat sekitarnya,”tutur Ridwan Mayan SP.

Sementara itu, salah seorang dokter Mifta mengatakan Sejauh ini berapa orang sudah mulai donor darah yang berhasil puluhan orang kisaran yang untuk mendaftar itu total keseluruhan ada 176 orang sampai siang hari ini selain itu donor itu fungsinya untuk menyehatkan tubuh utuk itu masyarakat jangan takut dengan berdonor darah ini manfaatnya banyak untuk mencegah sakit stroke jantung gula kekentalan darah dan untuk menyehatkan badan dan kami dari PMI kota Medan berharap semoga kedepannya nanti acara donor darah ini terlaksana kembali dan masyarakat antusiasnya lebih besar lagi berdonor darah untuk kesehatan tubuh diri sendiri Lo dan untuk menolong sesama.

Dan nantinya darah-darah tersebut sebelum kita serahkan kerumah sakit rumah sakit kantongan darah tersebut disaring yang mana warga yang mau mendonor darahnya pertamanya itu kan diperiksa tensi hemoglobinnya itu layak donor atau enggak hemoglobin itu 12,5 sampai 17,0 setelah itu nanti darah setelah layak atau tidaknya untuk seleksi awal nanti diambil 350 mili Setelah diambil darahnya 350 ML nanti daerahnya diskrining lagi di laboratorium.

“PMI nanti ada pemeriksaan Hepatitis B Hepatitis C HIV dan sipilis jadi sebelumnya darahnya diperiksa dulu 4 parameter yang saya sebutkan tadi itu saja sih jadi dari tersebut diserahkan ke mana ini biasanya kita serahkan ke rumah sakit rumah sakit untuk daerah kota Medan itu sekitar 490.000 untuk biaya pemeriksaan Hepatitis B hepatitis C HIV dan sipilis,”  tuturnya dr Nifta.

Turut menghadiri kegiatan tersebut lurah,staf kelurahan besar dan Kepling kariawan staf musim mas DPD LPM kota Medan,DPC LPM medan labuhan ,kariawan dan staf PDAM martubung dan masyarakat sekitar.(usman)