Simalungun | WPO – Dalam rangka Peresmian pembangunan Gereja HKBP Pematang Raya Distrik V Sumatera timur Resort Pane Tongah ,HKBP Pematang Raya di Jl. Jon Horailam Saragih Kel. Pematang Raya Kec. Raya, Minggu 12 November 2023 dimulai pukul 09:00 wib resmi di buka

Adapu acaranya dimulai dengan prosesi iringan jalan dari lapangan Kodim 0207 Simalungun, yg bertempat di Pematang Raya pantauan WARTA POLDASU yang hadir saat itu Pdt Maurikson Silitonga Mth selaku Preses HKBP distrik V Sumatera Timur dan juga Pdt Hotler Lumban Toruan MM selaku Pendeta Resort Pane Tongah, beserta Bane Raja Manalu Ketua Profesionalisme dalam penata layanan yg berada di depan iringan prosesi, beserta seluruh Full timer dan Parhalado seresort Pane Tongah, dan 6 Pendeta mewakili seluruh resort yang ada di Distrik V, juga seluruh jemaat HKBP Pematang Raya yang saat itu akan di resmikan menjadi Huria Na Gok. Iring iringan prosesi didampingi musik trompet yg di di bawakan para mahasiswa STT Siantar.

Setelah sampai di lokasi yg akan didirikanya GEREJA HKBP dilanjutkan dgn acara penandatanganan Prasasti pembangunan Gereja HKBP Pematang Raya yg di tandatangani oleh preses dan pendeta resort.dan dilanjutkan dgn pembukaan layar Plank HKBP yang di lakukan oleh Preses Maurikson Silitonga Mth menandakan resminya HKBP pematang Raya dgn melepaskan spanduk bertuliskan HKBP di terbangkan dgn balon.

 

Uniknya di pertengan kotbah setelah prosesi selesai yg di lanjutkan ibadah bersama. Dgn kotbah 1 Tessalonik 5:1-11 dibawa oleh Preses, dengan Thema”Saling Membangun dalam menantikan Tuhan “, hujan pun turun dan mulai agak deras, walau di tengah guyuran hujan,ibadah Minggu pun selesai dgn damai dilanjutkan Peresmian pembangunan dari Pospel di Jl.Anggara G Tamba Pangalbuan kel. Raya Bayu menjadi Jemaat Penuh( Huria Na Gok) dengan nama HKBP Pematang Raya Resort Pane Tongah beralamat Jl. Jon Horailam Saragih Di depan Kantor Kodim 0207, Pematang Raya kec. Raya kab. Simalungun Sumatera Utara.

Turut hadir sebagai tamu undangan di acara pesta peresmian HKBP pematang raya , Kapolres simalungun yang diwakili Kapolsek Raya B Napitupulu, Lurah Raya J Sarwedi Purba,dan juga para undangan beserta jemaat jemaat yg hadir saat itu lebih kurang dua ribu orang.

Acara selanjutnya di tengah guyuran hujan yg kadang berhenti dgn lelang dan pemberian ulos secara adat Batak Toba kepada para undangan seperti BANE RAJA MANALU, lurah pematang raya, dll, yang di pandu oleh Pendeta Resort Pane tongah Pdt Hotler Luban Toruan MM,

Acara peresmian pun selesai dan dengan di tutup dgn Doa oleh Presses HKBP distrik V Sumatera Timur, walaupun hujan deras acara lelang dan pemberian ulos berjalan dengan baik.

Acara peresmian ini di laksanakan berbarengan dgn pengumpulan dana yg akan di pakai untuk untu pembangunan gereja HKBP pematang raya dlm waktu dekat ini.Saat WARTA POLDASU konfirmasi dgn ketua panitia peresmia/pembangunan, yaitu bpk H.Siahaan mengatakan

” Kita sangat bangga dan tak lupa mengucap syukur kepada Tuhan karna kegiatan ini berjalan dgn lancar, itu semua berkat kebaikan Tuhan, dan juga arahan dari serta bimbingan amang Pdt resort dan juga kerja keras teman teman saya jemaat HKBP pematang raya, dan di bantu para kawan jemaat HKBP simpang Raya dan pane tonga beserta naposo bung dan semua pihak, kita patut berucap syukur” tuturnya,

” semua itu tidak mungkin bisa kita lakukan tanpa kuasa Tuhan sengga dana yg terkumpul untuk perkiraan sementara berjumlah. Dari hasil sementara Seratus dua juta tiga ratus lima puluh dua ribu rupiah” tambah pak H.siahaan.

Dari hasil pantauan WARTA POLDASU di samping dana yg terkumpul asa beberapa sumbangan material untun pembangunan gereja HKBP pematang raya kedepanya yaitu sumbangan berupa material dari bpk Bane Raja Manalu 1000 sak semen, bpk St W. Rumapea 10.000 batu bata, bpk St J.T. Siahaan 10 dam truk batu Padas, bpk H.Siahaan 10 dam truk pasir.

Dgn rasa haru biru para peserta para peserta pulang dgn tertip dan damai , saat itu WARTA POLDASU mendengar pendeta resort berkata dgn rasa syukurnya.”Luar biasa walaupun hujan turun dengan derasnya, acara Pesta Peresmian Pembangunan berjalan dengan baik, Tuhan memberkati “, tutup Pdt resort. (tap).