BATU BARA | warta poldasu – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Batu Bara, Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir mengajak seluruh perempuan di Kabupaten Batu Bara untuk melakukan deteksi dini atau skrining kesehatan secara berkala, terutama untuk deteksi kanker payudara dan kanker serviks.

Hal itu disampaikan Ny. Maya saat membuka Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui Pemerikasaan Urine dengan Metode PCR HPV – DNA yang digelar di aula Kantor Bupati Batu Bara, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Jum’at (10/11/2023).

Turut hadir Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Batu Bara dr. Deni Syahputra, para pengurus YKI Kabupaten Batu Bara, pengurus TP PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Batu Bara, Pengurus BK3S dan Pokja Kabupaten Batu Bara.Dalam sambutannya Ny. Maya mengatakan bahwa kanker adalah penyakit yang sering menjadi momok menakutkan dan merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia.

“Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrining dan pemberian vaksinasi. Skrining dapat dilakukan dengan cara IVA Tes, PAP Smear dan yang terbaru yaitu pemeriksaan urine dengan metode PCR HPV – DNA,” ungkap Ny. Maya.

Selanjutnya Ny. Maya juga mengatakan pemeriksaan urine dengan metode PCR HPV – DNA sangat mudah dan nyaman. Pemeriksaan ini adalah prosedur tes berbasis molekuler yang bertujuan untuk mencari dan mengetahui adanya tanda-tanda infeksi virus HPV.Ny. Maya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran akan pencegahan penyakit kanker, terutama kanker serviks dengan upaya skrining dan pola hidup sehat. (Zul)