Deli Serdang |Wartapoldasu.id –       Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Bidang PAUD & PNF menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Manajemen Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Kegiatan yang diikuti oleh pengelola lembaga kursus dan pelatihan tersebut diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 14-16 November 2023.

Para pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) tampak sangat serius mengikuti dan mendengarkan pemaparan materi dari berbagai narasumber.

Beberapa pengelola LKP seperti Jumianton Sihombing, Hariaty Panggabean dan M.Zainuddin kepada media mengatakan, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Deli Serdang dalam hal ini Dinas Pendidikan karena dengan kegiatan ini kami bisa mendapat manfaat untuk memajukan LKP yg kami kelola. Sementara pengelola lainnya yaitu Sabariah Peranginangin dan Rina menyampaikan harapan mereka agar Kegiatan ini tidak hanya sampai disini, namun berkelanjutan.

Kegiatan yang digelar di Hotel Nivia Kabupaten Deli Serdang tersebut menghadirkan beberapa narasumber yaitu Bapak Buang Lesmono, S.Kom yang mengulas secara mendetail mengenai Dapodik LKP mulai dari Tujuan dan Strategi, Peran Pendataan, Syarat Entry Data Dapodik, URL Dapo Vokasi, Registrasi Manajemen Satuan Pendidikan, Beberapa Fitur pada Dapodik Vokasi, Dokumen Persyaratan Penambahan PTK Baru, dan Proses Validasi Dapodik. Sementara Ketua Dewan Pendidikan yaitu Bapak Muriadi, SH menjelaskan tentang peran Dewan Pendidikan dalam pembinaan terhadap yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang juga menghadirkan Febrina Sembiring, S.E, M.Si sebagai narasumber dari Inspektorat Kabupaten Deli Serdang yang menyampaikan materi tentang pengawasan manajemen lembaga kursus dan pelatihan.

Narasumber selanjutnya adalah Lambok Pamancar Saragih, S.Pd, S.T, M.Si dengan materi peningkatan kompetensi instruktur kursus dan pelatihan. Kemudian materi yang tidak kalah menariknya yaitu Tantangan dan Peluang LKP dalam Era Society 5.0 dengan narasumber Bapak Safrial, M.Kom.

Materi berikutnya disajikan oleh narasumber yang berlatar belakang akademisi juga instruktur Kursus yaitu Berliana.R.Br.Naipospos, S.S, S.Pd, M.Hum menyajikan materi tentang fungsi organisasi HIPKI dan peran pengurus dalam pembinaan dan peningkatan mutu lembaga kursus dan pelatihan di Kabupaten Deli Serdang.(Baem Siregar)