Panyabungan | WPO – Masuki musim tanam padi sawah penghujung tahun 2023, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal Siar Nasution dibantu Forkopimcam dan Petani Desa Huraba I dan II Kecamatan Siabu gelar perburuan hama tikus di areal persawahan warga, Minggu (19/11/2023).

Untuk lebih meningkatkan minat warga, Siar juga mengatakan panitia menyiapkan imbalan atau hadiah berupa uang tunai dan juga dana sewadaya kepada yang ikut berburu tergantung banyaknya jumlah ekor hama yang berhasil didapatkan.

Untuk yang berhasil berburu tikus sendiri dihargai 3 ribu/ekor, tupai/15 ribu dan kerek 150 ribu/ ekor,” ucapnya. Siar mengakui wilayah Kecamatan Siabu merupakan salah satu lumbung penghasil padi terbesar di Kabupaten Madina ini,” untuk support kita juga memberikan bantuan obat untuk peralatan pengusir hama tersebut, jadi semoga upaya kita ini membuahkan hasil dengan peningkatan hasil panen petani berikutnya,” pungkasnya

Data, areal persawahan di Desa Huraba I seluas 322 hektar dan Huraba II 431 Hektar. Siar Nasution mengatakan ini merupakan tindaklanjut kedatangan Bupati HM. Jafar Sukhairi Nasution dan Ketua TP PKK Eli Mahrani beberapa hari lalu mengikuti panen raya bersama warga tersebut.

Beberapa petani mengeluhkan terkait hama ini, hari ini seluruh element turun langsung membantu warga melakukan perburuan hama seperti tikus, tupai dan juga monyet, jelang musim tanam padi dipenghujung tahun 2023 ini,” katanya. (SH)