Kuala Tungkal | Warta Poldasu – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Ajak Dukung Literasi: Mencetak Generasi Muda Unggul dan Berdaya Saing.

Mari bersama dukung literasi di Tanjung Jabung Barat untuk mencetak generasi muda yang unggul dan berdaya saing. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Hairan, SH dalam memberikan sambutan Literasi Expo. dengan tema “Menumbuhkan Mental Generasi Muda untuk Berkarya, Kreatif, Kritis, dan Produktif” di Aula Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Senin (20/11).

Kegiatan tersebut diikuti 107 orang peserta terdiri dari siswa SMP dan SMA sederajat, Mahasiswa, masyarakat umum dan guru yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Barat berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Petrochina International Jabung Ltd dan SMKN 1 Kuala Tungkal

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Hairan menyampaikan bahwa literasi merupakan hal yang penting untuk ditanamkan sejak dini kepada generasi muda. Literasi tidak hanya sebatas membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

“Literasi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas diri, membuka wawasan, dan mengembangkan potensi diri. Dengan literasi, generasi muda dapat menjadi pribadi yang unggul dan berdaya saing,” katanya

Wakil Bupati juga menyampaikan pesan penting tentang literasi sebagai pilar kemajuan masyarakat. Literasi bukan hanya keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga sebuah fondasi untuk pemikiran kritis, kreativitas, dan produktivitas.

“Dengan memupuk literasi, kita membangun masyarakat yang cerdas, inovatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan,” ungkapnya.

Literasi Expo ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Tanjung Jabung Barat, khususnya generasi muda. Dalam kegiatan ini, peserta workshop dapat mengikuti berbagai kegiatan, seperti Workshop kaidah penulisan dan penerbitan buku, lomba cipta puisi, lomba menulis cerita pendek, lomba menulis cerita rakyat Tanjab Barat dan lomba menulis artikel kearifan lokal Tanjab Barat.

Ia mengatakan acara ini mampu menciptakan momentum kolaboratif yang kuat antara pemerintah, dunia pendidikan, perusahaan, dan masyarakat dalam mendukung perkembangan literasi yang berkelanjutan di Tanjung Jabung Barat.

“Kami berharap bahwa Literasi Expo ini akan menjadi langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah dan cemerlang bagi generasi muda Tanjung Jabung Barat.” Pungkasnya. (J Sinaga)