MEDAN | Warta Poldasu id- Bergerak terus mewujudkan pelayanan terbaiknya, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai salah satu Subholding PT Pelindo, yang dalam bisnisnya bergerak pada kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, dan kargo umum ini melakukan Go-live sistem PTOS-M (Pelindo Terminal Operation System – Multipurpose) di SPMT Branch Belawan pada Jumat (1 Desember 2023).

 

Go-live PTOS-M ini merupakan wujud implementasi dari inisiatif strategis Pelindo Group dalam Transformasi & Standarisasi Operasi Pelabuhan yang berpegang pada 6 pilar transformasi yakni Proses Bisnis, Teknologi, Peralatan, SDM, Infrastruktur, dan HSSE.

Peralihan sistem Go-live PTOS-M yang menjadi bagian dari standarisasi operasional SPMT untuk meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jasa di Branch Belawan sekaligus juga merupakan bagian dari program Transformasi & Standarisasi di Pelindo group.

Direktur Operasi PT Pelindo Multi Terminal Arif Rusman Yulianto mengungkapkan, dengan terpenuhinya 6 pilar transformasi, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mengimplementasikan keseluruhan pilar-pilar tersebut.

“Go-Live PTOS-M ini bukanlah sebagai tujuan akhir, namun ini merupakan pintu awal memperbaiki diri untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan, dan harapan kita milestone go-live Belawan ini akan memberikan dampak yang positif untuk semua hal, karena pada dasarnya transformasi bukanlah sekadar memasang gate atau lainnya, namun transformasi adalah bagaimana kita fokus menjalani amanah dari Pelindo,” ungkap Arif.

Arif juga menekankan, dalam pelaksanaan transformasi dan standarisasi operasional di Branch SPMT Belawan ini juga erat berkaitan dengan aspek kepatuhan seperti HSSE dan aspek K3 (kesehatan dan keselamatan kerja).

“Terlepas itu semua, yang penting adalah komitmen kita bersama untuk melakukan perbaikan dari segala aspek, dan terakhir semoga ini membawa SPMT menjadi lebih baik pada khususnya, dan menjadikan Pelindo semakin baik lagi pada umumnya,” tambah Arif.

Menyahuti itu Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto dalam kata sambutannya menyampaikan, tantangan dalam sebuah transformasi adalah bagaimana sebuah konsistensi dilakukan.

“Hingga saat ini SPMT sudah melakukan perbaikan-perbaikan, mulai dari proses bisnis, rambu hingga sistem termasuk SDM, saya berharap agar kita semua jangan berhenti untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan, hanya ada 2 pilihan yang harus kita lakukan, kita harus bertransformasi atau kita akan mati, karena perubahan adalah hal yang mutlak bagi kita semua,” bilang Edi.

Transformasi SPMT Branch Belawan merupakan bagian dari upaya Pelindo Multi Terminal untuk terus menghadirkan layanan operasional yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa dengan kinerja yang terstandarisasi di seluruh Indonesia.

Sebelumnya peningkatan layanan operasional ini juga ditandai dengan angka kinerja operasional PT Pelindo Multi Terminal yang tumbuh positif sepanjang Semester 1 tahun 2023.

Tercatat hingga Juni tahun 2023, kinerja PT Pelindo Multi Terminal mengalami tren positif dengan tumbuhnya angka bongkar muat di pelabuhan yang kami kelola. Dengan transformasi dan peningkatan pelayanan yang secara kontinyu terus berlangsung, SPMT berharap tren positif kinerja perusahaan akan terus berlanjut dan mencapai target yang telah ditetapkan hingga akhir tahun 2023.

Sebelum transformasi di Branch Belawan, SPMT juga telah melakukan transformasi di Branch Jamrud Nilam Mirah, Branch Bagendang, Branch Tanjung Wangi, dan Branch Makassar. Selanjutnya, SPMT juga melakukan transformasi operasional di terminal-terminal lain yang dikelolanya di seluruh Indonesia sehingga tercipta standarisasi layanan operasional multipurpose dalam mendukung kinerja Pelindo Multi Terminal untuk konektivitas Indonesia sesuai dengan visi SPMT yaitu Indonesia’s Connectivity Champion.(usman)