Tebingtinggi|WPO – Dalam rangka persiapan menjalin Kerja Sama tentang Pembentukan Rumah Sakit Pendidikan, antara Pemerintah (Pemko) Tebing Tinggi dalam hal ini RSUD dr. H. Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi dengan Universitas Negeri Medan (Unimed), Pemko Tebing Tinggi melakukan kunker (kunjungan kerja) ke Unimed Jl. William Iskandar Ps. V Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Senin (11/12/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., dan dari pihak Unimed yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd serta jajaran di Rektorat Unimed.

Hal ini menindaklanjuti Penandatangan Kesepakatan Bersama yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 28 Oktober 2021 antara Pemko Tebing Tinggi dengan Unimed, Tentang Kerja Sama Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Serta Peningkatan Kualitas SDM.

Disampaikan Pj. Wali Kota, bahwa jajaran Pemko Tebing Tinggi telah melakukan upaya-upaya dalam persiapan menjalin Kerja Sama, yakni rencana pembukaan Fakultas Kedokteran Unimed di Kota Tebing Tinggi.

“Yang insyaAllah bekerjasama dengan Pemko Tebing Tinggi, kaitan dengan Kerja Sama Rumah Sakit Pendidikan. Hal tersebut juga atas pemikiran bagaimana menyikapi masa depan Kota Tebing Tinggi,” kata Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota berharap bahwa sektor kesehatan, tidak semata hanya untuk pelayanan wajib atau pelayanan dasar saja, akan tetapi juga bisa kita dorong sebagai industri kesehatan yang membantu untuk perbaikan, khususnya di bidang kesehatan.

Diakhir sambutan, Pj. Wali Kota berharap nantinya melalui Kerja Sama ini, akan membawa kemajuan bersama, baik pada peningkatan kualitas dan kuantitas, selain juga meningkatkan grade dari sebuah pendidikan.

“Kami Pemerintah Kota Tebing Tinggi akan mampu memperoleh peningkatan lebih, khususnya dari sektor ekonomi karena adanya peningkatan Pendidikan. Harapan kami, Ini bisa membangun sebuah ekosistem pendidikan, menjadi lebih bagus. Kami siap meningkatkan komitmen,” demikian kata Pj. Wali Kota.

Sementara, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. menyambut baik dan sangat mengapresiasi atas keseriusan pihak Pemko Tebing Tinggi untuk menjalin Kerja Sama dengan pihaknya, Unimed. Dirinya berharap, Kerja Sama ini akan membawa kemajuan yang signifikan bagi kedua pihak.

“Kami mengucapkan terima kasih atas Kerja Sama ini, mudah-mudahan Kerja Sama kita ini akan ada kemajuan yang signifikan,” tutup Rektor Unimed.

Kabag Pemerintahan Setdako Tebing Tinggi Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si. menerangkan bahwa Kerja Sama ini nantinya tinggal pematangan.

“Kerja Sama Unimed dengan RSUD dr. H. Kumpulan Pane, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, InsyaAllah kita juga berkomitmen. Dan dalam minggu ini, pihak Pemko Tebing Tinggi dan Rektorat Unimed akan bersama-sama bertemu Dirjen Dikti Kemedikbudristek dan akan melakukan progres ke Kemendikbudristek dan Kemenkes agar Kerja Sama ini dapat segera ditindaklanjuti,” jelasnya.

Turut dihadiri, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Kepala BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, AP., M.SP., Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Kadisdikbud Idam Khalid Daulay, S.KM., M.Kes., Plt. Kadis Kesehatan dr. Henny Sri Hartati, Kepala RSUD dr. Kumpulan Pane dr. Irwansyah dan Plt. Kabag Prokopim Faisal Ahmad. (YF)