Tebingtinggi|WPO – Plt. Kaban Kesbangpol Abdul Halim Purba, S.STP., M.Si. mewakili Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi menghadiri rakor (rapat koordinasi) Timpora (Tim Pengawasan Orang Asing) Menjelang Pemilu Tahun 2024, yang digelar oleh Kantor Imigrasi kelas II TPI Pematang Siantar, Selasa (12/12/2023) di ruang Aula Lim’s Hotel dan Cafe Jl. Sisingamangaraja No. 47, Kota Tebing Tinggi.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Serdang Bedagai Muhammad Faisal Hasrimy, AP, M.AP dan Kepala Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas IIA Pematang Siantar Albert Oloan Pasaribu, SS., M.AP, Forkopimda Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai, KPU dan Bawaslu Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai, jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemko Tebing Tinggi dan Pemkab Serdang Bedagai, serta stakeholder terkait lainnya.

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa kegiatan rakor ini merupakan bentuk sinergitas Pemko Tebing Tinggi bersama aparat penegak hukum dan stakeholder terkait untuk mengawasi dan mengantisipasi campur tangan orang asing dalam proses pemilu 2024.

“Tentunya agenda rapat koordinasi ini adalah momentum bagi kita untuk selalu bersinergi dan bertukar informasi dalam hal antisipasi permasalahan yang berpotensi terjadi di lapangan. Pengawasan perlu dilakukan untuk mencegah campur tangan orang asing dalam proses pemilihan umum dan untuk menjaga integritas pemilihan umum,” ujar Plt. Kaban Kesbangpol membacakan sambutan tertulis Pj. Wali Kota Tebing Tinggi.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Serdang Bedagai Muhammad Faisal Hasrimy, AP, M.AP, menyampaikan agar Timpora lebih profesional mengolah data dan informasi tentang keabsahan dalam melakukan pengawasan Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan perilaku kegiatan di wilayah hukum Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai.

“Dengan adanya rapat ini kiranya dapat meningkatkan kinerja masing-masing,” ujar Sekda Kab. Serdang Bedagai.

Sebelumnya, Kepala Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas IIA Pematang Siantar Albert Oloan Pasaribu, SS., M.AP, dalam laporannya mengatakan bahwa rapat Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai ini diikuti oleh unsur Kementerian Hukum dan HAM, unsur Kementerian Pusat dan lain, unsur Pemerintah Daerah, unsur penegak hukum dan unsur pengamanan negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Bawaslu Kota Tebing Tinggi-Kab. Serdang Bedagai dan KPU Kota Tebing Tinggi-Kab. Serdang Bedagai, Kemenag Kanwil Kota Tebing Tinggi-Kab. Serdang Bedagai serta berfoto bersama.

Turut dihadiri Forkopimda Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai, jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemko Tebing Tinggi dan Pemkab Serdang Bedagai serta tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo. (YF)