Nias Selatan |WartaPoldaso.Com – Polres Nias Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan perayaan Hari Natal 2023 dan malam pergantian Tahun baru 2024 di wilayah hukum Polres Nias Selatan, Jumat (15/12/2023).

Dalam rapat koordinasi tersebut,Kapolres Nias Selatan AKBP BONEY WAHYU WICAKSONO, SIK, Menyampaikan paparan bahwa peta kerawanan yang mencakup titik-titik rawan dan ancaman yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru yang akan dilaksanakan masyarakat nantinya.

Pada perayaan Nataru kali ini yang harus tetap dipahami adalah kita bukan hanya fokus pada pengamanan perayaan Natal dan tahun baru, namun juga penekanan terciptanya situasi Kamtibmas yang aman jelang pemilu damai 2024, yang akan dilaksanakan tidak lama lagi.

Kapolres juga mengatakan dalam mengantisipasi perayaan Nataru ini, Polres Nias Selatan juga akan menggelar operasi Lilin 2023 dalam waktu dekat. Operasi tersebut akan dilaksanakan di wilayah hukum kabupaten Nias selatan dalam rangka memberikan rasa aman bagi masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru. Operasi ini diharapkan dapat mensukseskan Perayaan Hari Raya Natal 2023 dan malam pergantian tahun 2024.

Kapolres Nias Selatan juga menyampaikan penekanan penting kepada seluruh jajarannya dan juga stake holder berharap bahwa dalam menyukseskan Ops Lilin Toba 2023 di Wilayah Hukum Polres Nias Selatan seluruh stakeholder terkait agar saling bekerja sama sehingga hubungan tata kerja antara satu sama lain dapat terjalin dengan baik.

Kepada para Kapolsek jajaran agar lebih meningkatkan pengawasan di wilayahnya masing-masing guna menciptakan Sitkamtibmas Kondusif selama Ops Lilin Toba 2023 di wilayah hukum Polres Nias Selatan. Antisipasi Pesta kembang api / petasan menjelang, pada saat dan sesudah perayaan Natal dan Tahun Baru yang berpotensi memicu terjadinya kebakaran dan salah paham sehingga menimbulkan bentrokan.

Mari kita antisipasi bersama keributan yang didasari oleh faktor kebiasaan dan adat istiadat masyarakat setempat dengan mengkonsumsi minuman keras dan minuman kearifan lokal (tuak nifaro nias) secara berlebihan.Tingkatkan pengawasan dan kewaspadaan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Masing-masing.

Kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral ini dihadiri oleh Kapolres Nias Selatan AKBP BONEY WAHYU WICAKSONO, S.I.K., Waka Polres Nias Selatan, KOMPOL ARIUS ZEGA, SH, MH, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Dan SDM Nias Selatan,SETAO AMAZIHONO, S.Pi.,MM,Pasops Lanal Nias “Mayor Laut (P) HASIL WANTORO, Mewakili Danramil Teluk Dalam” PELTU HENDRA HUTABARAT SE, Kasi Intel kejaksaan Negeri Nias Selatan, HIRONIMUS TAFONAO, SH, MM, Kakan Satpol PP Kab. Nias Selatan, DIONISIUS WAU, S.E., M.M, Sekretaris BPBD Kabupaten Nias Selatan, MISION LAIA, Sekdin Kesehatan Kab. Nias Selatan, SITTINURANI LASE, SKM, PJU Polres Nias Selatan dan Kapolsek Jajaran Polres Nias Selatan, Personil Polres dan Polsek Jajaran Nias Selatan, Personil Koramil Teluk Dalam, Personil Lanal Nias, Personil Sat Pol PP Nias Selatan.

Pada akhir sambutannya kapolres menyampaikan agar seluruh Instansi terkait yang hadir, agar bersama mendukung pelaksanaan Pengamanan Nataru tahun ini, baik terkait sarana dan prasarana pendukung guna sukseskan perayaan yang berlangsung.

Kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral ops lilin Toba ditutup sambil pelaksanaan penyerahan plakat budaya kabupaten Nias selatan dari Sat Pol PP kepada Kapolres Nias Selatan.(Red)