Medan | WPO –Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mengantisipasi terjadinya kemacetan di 79 titik ruas jalan pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Polisi sudah mapping dan langkah antisipasi demi mengurai kemacetan pada arus mudik,” ujar Kepala Bidang Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi di sela-sela latpraops lilin toba di Mapolda Sumut, Senin (18/12).

Ia melanjutkan gelombang pertama puncak arus mudik diprediksi dari 22-24 Desember sampai perayaan Natal nantinya. Kemudian kata Hadi gelombang kedua puncak arus mudik terjadi pada 29 Desember.

“Bahwa pada 22 Desember kami telah melakukan Operasi Lilin, artinya dari 12.000 lebih personel gabungan, 102 pos pelayanan, 75 pos pengamanan dan 20 lebih pos terpadu siap mengantisipasi puncak arus mudik,” ucap Hadi.

Untuk itu, personel tersebut sudah menempati Pos-pos Pengamanan dan ruas jalan yang diprediksi terjadi kemacetan seperti di Kota Tebing Tinggi, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun, serta jalur barat seperti Kabupaten Asahan, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.

“Untuk Wilayah Tanah Karo dan Danau Toba diprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan pada perayaan Natal dan Tahun Baru, karena daerah itu juga tempat pariwisata,” tuturnya.

Selain menempatkan personel gabungan di ruas jalan terebut, Hadi menyebutkan Polda Sumut mendorong fungsionalisasi jalan tol yang ada di beberapa daerah guna memperlancar kendaraan yang melakukan perjalanan mudik libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Polisi ingin perayaan Natal dan tahun baru bisa dinikmati masyarakat dengan bahagia dan gembira, dan Polda Sumut ingin memastikan masyarakat nyaman dan aman,” pungkasnya. (**)