Madina | Wartapoldasu.id – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melaksanakan Sosialisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau yang sering di sebut (RPJMDES) untuk Dua Kecamatan yakni Kecamatan Panyabungan dan Kecamatan panyabungan timur, acara berlangsung di gedung Madrasah desa Lumbanpasir kecamatan panyabungan kabupaten Mandailing Natal selasa (19/12/2023).

Turut hadir Pj. Kadis PMD Madina Irsal,SSTP, perwakilan BAPEDA Madina, Inspektorat Madina, Tenaga ahli (TA)kabupaten Pendamping Desa, Camat panyabungan Muhammad Sukri SP, Camat Panyabungan timur, Badan Permusyawaratan desa (BPD) se-kecamatan Panyabungan dan Kecamatan Panyabungan timur,serta Kepala Desa se-Kecamatan Panyabungan dan Panyabungan timur.

Dalam Sambutan Kepala Dinas PMD Madina Irsal mengatakan, Di tahun 2024 ia Menekankan agar memperhatikan pembangunan fisik di desa dan apa yang paling di butuhkan masyarakat di desa agar menjadi prioritas kepala Desa di Desa masing Masing untuk penyusunan RPJMDES di periode mendatang.

Untuk penyusunan Perangkat Desa dan perombakan perangkat desa kita Menunggu perbup paling Lambat di bulan Januari 2024,ungkap kadis.

Kemudian, BPD harus Bekerja sama dengan Kepala Desa, Demi membangun Desa Masing Masing.BPD juga harus saling Bersinergi dengan Para Kepala Desa demi terlaksananya program Desa ke depan.

 

Irsal juga berharap agar yang menjabat tidak menganut sipat sombong dan ego yang tinggi, kita baru saja melewati proses politik di desa saya mohon tidak ada lagi blok blok di desa atau sekat sekat yang bisa menggangu roda pemerintahan di desa masing masing, rangkul kembali semua baik lawan maupun kawan waktu pilkades, ujar kadis.

 

Jangan ada perubahan dalam diri setelah memperoleh Jabatan baru atau menjadi besar kepala,pesan lagi.Dalam wawancara “Wartapoldasu.id” di tempat terpisah di singgung tentang pemilihan BPD,beliau mengatakan masih di gunakan permendagri untuk menjaring anggota BPD,dalam hal ini kita juga masih menunggu Perbup, mungkin tidak lama lagi akan keluar Perbup yang mengatur tentang petunjuk tehnis pemilihan ketua BPD dan anggotanya.(AM nas)