Kuala Tungkal | Warta Poldasu – Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. H. Agus Sanusi, M.Si, membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tungkal Ilir Tahun 2025, di Aula Kantor Camat Tungkal Ilir, Selasa(16/1/24).

 

Musrenbang ini merupakan forum untuk menyelaraskan dan menyepakati program dan kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas di Kecamatan Tungkal Ilir, sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pembangunan Daerah.

 

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanjabbar, Camat Tungkal Ilir, Forkopimcam,Anggota DPRD, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Tungkal Ilir, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kepala Puskesmas Tungkal I dan Tungkal II,Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tungkal Ilir, Pendamping PKH, Forum Anak Daerah serta Tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Agus Sanusi mengapresiasi kinerja Kecamatan Tungkal Ilir yang telah melaksanakan kegiatan Pra Musrenbang pada pra Musrenbang Desember 2024. Ia juga memberikan arahan terkait tata cara dalam membuat dan menyusun perencanaan pembangunan yang baik, sesuai dengan ketentuan dan pedoman yang berlaku.

 

“Perencanaan pembangunan harus berdasarkan pada analisis situasi, potensi, permasalahan, dan kebutuhan masyarakat. Selain itu, harus juga memperhatikan keterkaitan dan konsistensi dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana strategis (Renstra) perangkat daerah,” ujar Sekda.

 

“Musrenbang ini pada dasarnya harus memahami dan menyepakati dan mensinkron kan Prioritas Pembangunan terutama untuk Kecamatan Tungkal Ilir,Prioritas kan dan sepakati dulu perencanaan Pembangunan dan harus dibedakan yang mana Keinginan dan yang mana kebutuhan” Katanya

 

Ia juga mengingatkan agar program dan kegiatan yang diusulkan harus realistis, terukur, dan berdampak positif bagi masyarakat. Ia berharap Musrenbang ini dapat menghasilkan rencana pembangunan yang berkualitas dan berdaya guna.

 

“Musrenbang ini bukan sekedar formalitas, tetapi merupakan proses partisipatif dan demokratis dalam merumuskan kebijakan pembangunan. Saya berharap hasil Musrenbang ini dapat menjadi acuan dan bahan masukan bagi pemerintah daerah dalam menyusun rencana kerja dan anggaran tahun 2025,” tutup Sekda.

 

Sebelumnya, dalam kegiatan yang sama, Camat Tungkal Ilir Ardhian S. Sos dalam laporannya menyampaikan bahwa Kecamatan Tungkal Ilir telah melaksanakan kegiatan pra Musrenbang pada Desember 2024.

 

“Pada Desember yang lalu, kami telah melaksanakan kegiatan Pra Musrenbang bersama Lurah dan Kades se Kecamatan Tungkal Ilir, dan Alhamdulillah pada hari ini kita dapat menindaklanjutinya dengan melaksanakan Musrenbang di Aula Kantor Camat ini” ucapnya

 

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Sekda mewakili Bupati Tanjabbar pada kegiatan tersebut.(J.Sinaga)