Belawan|Warta Poldasu id- Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Prov Sumut Rudi Hermanto Dapil Medan A nomor 9 dari PDI Perjuangan melakukan dialog bersama warga bertempat di Wisma Muslim AL MUNA Jln Raya Pelabuhan Gang Rukun Kecamatan Medan Belawan, Senin (22/1/2024),

Kegiatan bertema Dialog Politik Perempuan Pesisir “Penguatan Politik Perempuan Nelayan Menuju Pemilu Persiden dan wakil Presiden 2024” ini digelar guna mendengar langsung masukan dan keluhan masyarakat.

Sebelum memulai dialog, Rudi Hermanto mengucapkan terimakasihnya atas kehadiran seluruh peserta yang datang berbagai daerah.

“Terimakasih Ibu dan Bapak sekalian, hari ini saya bahagia betul karena berada diantara Ibu dan Bapak sekalian, terutama ibu-ibu yang hebat-hebat ini,” tuturnya.

Dihadapan peserta dialog, Rudi Hermanto menyampaikan tentang kondisi masyarakat wilayah pesisir saat ini yang tidak jauh berbeda dari kondisi 70 tahun silam.

Selain maju kembali sebagai caleg DPRD Sumut, Rudi mengatakan dirinya juga dipercayakan sebagai tim pemenangan nasional Ganjar-Mahfud yang akan menyampaikan rekam jejak serta program kedepan.

“Kenapa rekam menjadi penting supaya kita bisa mengontrol supaya kita bisa tahu bahwa rekam menjadi pemimpin kita itu baik,” ujarnya.

Lanjut Rudi, menurut penelitian jurnal teknologi perikanan pada tahun 2022, ratusan ton ikan segar dari pelabuhan Belawan dikirim ke berbagai wilayah seperti Australia Amerika Serikat Kanada Korea Selatan.

Rudi menjelaskan, sebelum kedatangannya, dirinya juga telah menemui nelayan di Surabaya.

Pada pertemuan dengan nelayan perempuan yang berasal dari Gresik, TubanTuban, Lamongan, Bangkalan dan Sumenep, Rudi membahas persoalan sulitnya mendapatkan alat tangkap, BBM subsidi serta perubahan iklim.

“Sekarang ini, sulit betul untuk mendapatkan bantuan alat tangkap, sulit betul untuk mendapatkan subsidi BBM dan kemudian perubahan iklim yang datang tiba-tiba,” jelasnya.

“Untuk mengatasi hal serupa, ada 21 program unggulan yang akan dijalankan Ganjar-Mahfud termasuk kesejahteraan nelayan jika kelak terpilih menjadi Presiden dan wapres,” imbuhnya.

Adapun beberapa program yang telah dilakukan Ganjar semasa menjabat Gubernur Jawa Tengah, seperti memberikan bantuan alat tangkap kemudian juga Bantuan Operasional sebanyak 10.000 nelayan kecil kemudian juga 900 modul rumah ikan dan yang terakhir asuransi kepada 20.000 nelayan kecil.

“Nah Ibu dan Bapak sekalian pengalaman Pak Ganjar yang di Jawa Tengah ini akan dibawa ke nasional supaya lebih luas bisa menikmati bukan hanya Jawa Tengah tapi juga Sumut dan wilayah lainnya di nusantara,” pungkasnya.(usman)