Gunungsitoli |Wartapoldasu – Seorang Pegawai Honorer di salah satu Instansi Pemerintah di Gunungsitoli, AS (35) Beralamat di Jl. Nanas D-III Kelurahan Perdagangan III Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun dan untuk sementara tinggal di Desa Madula Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, di amankan oleh Sat Res Narkoba Polres Nias, selasa (23/01/2024) sekitar Pukul 09.45 Wib, pada saat Turun dari Kapal Wira Victori di Dermaga Pelabuhan Gunungsitoli. Hal tersebut di sampaikan Kasat Narkoba Polres Nias Iptu Arifin Purba melalui Kasi Humas Polres Nias Iptu O. Daeli.

“Hari ini kita mengamankan lagi 1 orang Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu, inisial AS adalah penumpang Kapal Kapal Wira Victori dari Sibolga” Ujar Kasat Narkoba Iptu Arifin Purba yang juga Mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Labuhan Polres Pelabuhan Belawan ini.

Iptu Arifin Purba Lulusan SIP Angk. 45 Tahun 2016, menceritakan Kronologis Penangkapan AS, bahwa pada hari Senin, (22/01/2024) sekitar Pukul 10.00 wib, Personil Team Opsnal Sat Narkoba Polres Nias mendapatkan Informasi yang layak di percaya bahwa ada seseorang yang bernama AS, akan berangkat dari Sibolga dengan Menggunakan Kapal Wira Victori menuju Gunungsitoli dan di duga membawa Barang Narkotika.

Dari informasi yang layak di percaya tersebut, Saya Perintahkan Tim Opsnal yang di Pimpin Ps. Kanit I Sat Narkoba Aipda Aris Gulo untuk Melakukan Penyelidikan terkait Informasi tersebut, Tim Opsnal melakukan Pelacakan Keberadaan Tersangka Melalui Nomor Handphone tersangka dan terpantau tersangka berada di atas sebuah kapal yang sedang berlayar menuju Dermaga Gunungsitoli, sehingga pada saat Kapal Wira Victori sandar di Dermaga Tim Opsnal sudah menunggu di Dermaga, dan pada saat turun dari kapal, AS tidak Menduga kalau Tim Opsnal Sat Narkoba sudah Menunggu, Tim Opsnal langsung Mengamankan Tersangka dan di Boyong ke Pos Polisi Pelabuhan Gunungsitoli, untuk di lakukan Interogasi dan Penggeledahan, Tersangka Mengakui

Membawa Narkotika jenis sabu yang disimpan di dalam Saku dalam Tas Jinjing miliknya. Selanjutnya Tersangka di Boyong ke Satuan Narkoba Polres Nias untuk dilakukan Proses penyeledikan lebih lanjut.

 

Iptu Arifin Purba menjelaskan, kepada Tersangka AS di kenakan Pasa 114 Ayat 1 Subs Pasal 112 Ayat 1 UU. RI No, 35 tahun 2009 dengan ancaman Pidana 20 tahun penjara dan atau seumur Hidup.

 

Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.Ik ketika di konfirmasi melalui Kasi Humas Iptu O. Daeli perihal keberhasilan Penangkapan Pelaku Penyalahgunaan Narkoba, Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.Ik mengatakan “ Kita sangat Apresisasi kinerja Sat Res Narkoba, Kasat Narkoba Iptu Arifin Purba, walau baru menjabat beberapa hari, tetapi sudah mengamankan 4 orang Pelaku penyalahgunaan Narkoba, kinerja yang Luar biasa” Ujar AKBP Luthfi, S.Ik singkat. @PD