ACEH TAMIANG |WPO – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang kembali menjadi yang tercepat dalam penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 Unaudited kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (29/1/24) pagi, di Kantor BPK Perwakilan Aceh, Banda Aceh.

Pj. Bupati, Drs. Asra, yang menyerahkan langsung kepada Kepala BPK Perwakilan Aceh, Rio Tirta, SE, M.Acc, CSFA, mengungkapkan, sudah menjadi komitmen bagi Pemkab Aceh Tamiang menyempurnakan penyampaian LKPD setiap tahunnya kepada BPK.

Lebih lanjut dalam pidato pengantarnya, Pj. Bupati Asra melaporkan beberapa ringkasan ikhtisar LKPD, di antaranya, Saldo Aset per 31 Desember 2023, Saldo Kewajiban per 31 Desember 2023, dan Saldo Ekuitas.

Selanjutnya, turut dijelaskan ringkasan jumlah Pendapatan Daerah selama Tahun Anggaran 2023 dan jumlah Belanja Daerah, Penerimaan Pembiayaan, dan SiLPA tahun anggaran yang sama.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Aceh, Rio Tirta dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan berbahagia menerima LKPD Aceh Tamiang.

“Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi dan berbahagia menyambut kehadiran Pak Pj. Bupati bersama tim guna menyampaikan LKPD. Kabupaten Aceh Tamiang menjadi entitas pertama di Aceh yang menyampaikan LKPD,” ucapnya mengapresiasi.

Dikatakan Rio, pihaknya berharap Aceh Tamiang tetap menjaga ritme cepat, tepat, dan akurat dalam penyajian laporan keuangan daerah.

“Ini menjadi prestasi bagi Aceh Tamiang. Semoga Pemkab Aceh Tamiang tetap menjaga ritme kinerja pelaporan keuangan secara cepat, tepat dan akurat,” sambung Rio lugas.

Dijelaskan Rio, pihaknya meminta kepada seluruh pihak untuk ikut menjaga independensi, integritas, serta profesionalisme para auditor negara yang sedang bertugas.

Di akhir sambutannya, Rio Tirta mengharapkan Kabupaten Aceh Tamiang kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dengan kualifikasi yang semakin baik.

Tampak ikut mendampingi Pj. Bupati Asra ke BPK, Kepala BPKD, Yusriati, Inspektur Pembantu Khusus pada Inspektorat Kabupaten, M. Khaidir Helmi Azmi, Kabag Prokopim, Azwanil Fakhri, dan Kabid Akuntansi pada BPKD, Lia Agustina. (Tim)