Labuhanbatu Selatan |Wartapoldasu.id –Satreskrim Polres Labuhanbatu Selatan melaksanakan Press Conference untuk mengungkap kasus tindak pidana yang terjadi pada periode akhir Desember 2023 hingga akhir Januari 2024 di depan Mapolres Labuhanbatu Selatan, pada Jumat (2/2/2024) pukul 16.15 WIB.

Dalam keterangan persnya, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak, S.H.,M.H., melalui Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu Selatan AKP Gurbacov, S.I.K.,M.H.,M.Krim., mengatakan bahwa ada beberapa kasus yang berhasil diungkap oleh Satreskrim Polres Labuhanbatu Selatan dan Unit Reskrim Polsek Jajaran.

 

Diantaranya terdapat 8 kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Dalam kasus tersebut terdapat 15 orang tersangka namun 4 tersangka lainnya sudah dititipkan pada Lapas Kotapinang. Motifnya dikarenakan faktor kesulitan ekonomi. Dari 15 orang tersangka kasus pencurian tersebut, 4 diantaranya adalah residivis dengan kasus yang sama.

 

Lalu 1 kasus tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan dengan memukul, mencubit dan menyabetkan tali pinggang kepada korban yang berusia 6 tahun. Motifnya adalah tersangka tersulut emosi kepada korban karena sulit diajari/diberikan pembelajaran. Dalam kasus tersebut dilakukan oleh 1 orang tersangka.

 

Terakhir, 1 kasus tindak pidana persetubuhan terhadap anak yang dilakukan 1 orang tersangka. Kronologinya tersangka melakukan pemaksaan persetubuhan terhadap korban yang berusia 16 tahun sebanyak 2 kali. Korban sempat lari dan diancam oleh tersangka dengan memfoto korban dan menyebarkan foto tersebut. Antara tersangka dan korban tidak ada hubungan keluarga maupun hubungan asmara dengan korban. Jelas Kasatreskrim didampingi oleh Kasi Humas Polres Labuhanbatu Selatan AKP Sujono.

 

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada akan tindak kejahatan. Misalnya apabila memarkirkan kendaraan, jangan lupa kunci pengamanannya dan jangan lupa ambil kuncinya. Apabila hendak meninggalkan rumah, periksa pintu, jendela pastikan semuanya telah terkunci dan titipkan kepada tetangga agar tetangga juga peduli dengan keadaan rumah kita. Sehingga tidak memberikan kesempatan kepada pelaku karena kejahatan itu bukan hanya karena adanya niat pelaku tetapi karena adanya juga kesempatan”. pungkas Kasatreskrim Polres Labuhanbatu Selatan AKP Gurbacov, S.I.K.,M.H.,M.Krim.(Milenia/PS)