ACEH TAMIANG | WPO – Nilai-nilai kebangsaan perlu terus dipupuk dan dijaga dari generasi ke generasi. Inilah dibahas dalam agenda diskursus kebangsaan Plt. Sekretaris Daerah, Drs. Tri Kurnia, saat menerima kunjungan Direktur Sosialisasi dan Komunikasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. Agus Moh. Najib bersama tim kerjanya, di ruang Bupati setempat, Jumat (2/2/24) sore pekan lalu.

“Saya kira, adalah kewajiban bersama untuk terus memupuk dan menjaga nilai-nilai kebangsaan yang berlandaskan Pancasila oleh tiap generasi bangsa ini,” ucapnya dalam .

Menyahuti Plt. Sekda, Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP, Agus Moh. Najib yang hadir bersama tim kerjanya kemudian menjelaskan maksud dan tujuannya ke Aceh Tamiang merupakan tindak lanjut dari agenda diskursus kebangsaan tersebut.

“Sekitar setahun yang lalu kami menerima surat dari Pemkab Aceh Tamiang perihal usulan kegiatan penguatan ideologi Pancasila. Alhamdulillah hari ini kami hadir untuk membahas tindak lanjut kegiatannya,” tutur Agus membuka kata.

Dalam pada itu, Agus Moh. Najib yang berstatus Guru Besar Ilmu Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga ini kemudian menjelaskan, setelah komunikasi pembuka bersama Badan Kesbangpol Aceh Tamiang, pihaknya akan menggandeng Pemkab guna menggelar seminar kebangsaan bertema Pancasila pada awal Maret 2024 mendatang.

“Insyaallah, Prof. Yudian Wahyudi selaku Kepala BPIP akan hadir langsung menjadi keynote speaker nantinya,” sambungnya.

Lebih lanjut diterangkan Agus, seminar nantinya akan menyerap sekitar 400-500 peserta dengan sejumlah pembicara, baik lokal dan nasional. “Detail teknis kegiatan akan kami komunikasikan lebih intens ke instansi terkait untuk pelaksanaannya,” tambah Agus lagi.

Mendengarkan penjelasan tersebut, Plt. Sekda Tri Kurnia kemudian meminta Badan Kesbangpol selaku leading sector kegiatan untuk melanjutkan koordinasi bersama BPIP dan instansi pendukung lainnya guna menyiapkan hajatan akbar ini.

Menjawab itu, secara singkat Kepala Badan Kesbangpol, Agusliayana Devita yang mendampingi kunjungan menyebutkan, dirinya bersama BPIP sudah menyusun rencana kegiatan. Dikatakan Devi, selain menjadi keynote speaker, Kepala BPIP nantinya juga akan dijadwalkan memberikan tausiyah kebangsaan dan penguatan nilai-nilai Pancasila di Ponpes Al-Hidayah dan Kampung Purwodadi, Kejuruan Muda. “Kampung ini sudah diresmikan sebagai Kampung Tangguh Pancasila,” urainya ringkas.

Pasca penerimaan oleh Plt. Sekda, Kepala Badan Kesbangpol bersama Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP kemudian melanjutkan agenda kunjungan, yakni meninjau Ruang Sidang Utama DPRK yang akan digunakan sebagai venue utama kegiatan dan sejumlah persiapan lainnya.

Tampak hadir mendampingi Plt. Sekda, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra, Muslizar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Catur Haryati, Kabag Umum Zubir Ibrahim, dan Kabag Prokopim, Azwanil Fakhri. (Tim)