BATU BARA | warta poldasu – Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M., mengunjungi Makam Kubah Batu Bara di Desa Kuala Gunung, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Jumat (16/02/2024).

Kunjungan Pj. Nizhamul bersama Kaban Kesbangpol Azwar dan Camat Datuk Lima Puluh Wahidin Kamal ini dilakukan untuk melihat situs sejarah Kabupaten Batu Bara. Ditemani tokoh budayawan dan sejarahwan Kabupaten Batu Bara Buyung Morna menjelaskan bahwa Kubah Batu Bara ini dianggap sebagai cikal bakal tercetusnya nama Kabupaten Batu Bara.

Dikatakan Buyung nama Kabupaten Batu Bara berasal dari api yang membara pada malam hari. Selain itu, tempat ini dipercaya sebagai lokasi makam raja pertama dan istri raja.Kubah Batu Bara ini dulunya sempat terkenal karena adanya pohon yang dikeramatkan oleh masyarakat dahulu karena pohon tersebut mempunyai bentuk seperti wajah manusia. Buyung berharap kepada Pemkab Batu Bara untuk mendukung pelestarian Kubah Batu Bara agar menjadi lokasi wisata.

“Berharap adanya bantuan dan pembinaan terhadap Kubah Batu Bara agar bisa dilestarikan karena merupakan situs sejarah . Dan kami berharap Kubah Batu Bara ini bisa menjadi lokasi wisata,” ungkap Buyung.

Melihat kondisi Kubah Batu Bara yang kurang terawat, Pj. Bupati Nizhamul menuturkan agar lebih memperhatikan dan merawat situs peninggalan bersejarah ini. Harapannnya tempat-tempat bersejarah terawat agar terjaga kelestariannya.

Kemudian, Pj. Bupati Batu Bara beserta rombongan mengunjungi Kawasan wisata yang berada di Pantai Sejarah.( Zulkifli ).