ACEH TAMIANG | WPO – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggagas sebuah program pendidikan yakni program beasiswa Indonesia emas. Pada Jum’at (16/02/24), Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Tri Kurnia di Aula Setdakab setempat.

Di kesempatan itu Tri Kurnia menyampaikan, program ini digagas atas dasar keprihatinan organisasi APKASI terhadap kesenjangan pendidikan antar daerah yang tidak merata.

“Organisasi ini berfokus pada mempersiapkan generasi emas di tahun 2045. APKASI melihat telah terjadi kesenjangan pendidikan antar daerah yang tidak merata. Melatarbelakangi persoalan inilah kemudian APKASI mengagas sebuah program yang mana nantinya putra putri daerah bisa bersaing masuk perguruan tinggi ternama,” terang Plt. Sekda Tri Kurnia.

Dalam sosialisasi ini, Tri Kurnia juga menginformasikan kepada peserta yang hadir bahwa APKASI telah membuat MOU bersama 21 perguruan tinggi ternama di Indonesia untuk program beasiswa tersebut.

“Dalam hal ini, APKASI berupaya meminta kuota beasiswa masuk ke perguruan tinggi ternama bagi putra-putri daerah yang berprestasi”, terangnya.

“Tentunya kita berharap, APKASi nantinya juga bisa memberikan beasiswanya juga. Namun yang menjadi fokus saat ini adalah meminta kuotanya dahulu. Kepada para siswa siswi juga diharapkan nantinya dapat menangkap peluang ini,” sebutnya.

Selanjutnya kepada dewan guru, Tri Kurnia berharap agar bisa menyampaikan informaasi ini kepada anak didik yang akan menyelesaikan pendidikannya, agar dapat mempersiapkan diri karena masuk ke universitas ternama tentunya persyaratannya sangat ketat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, M. Yani, Sekretaris Bappeda yang memandu acara sosialisasi, Plh. Sekretaris BKPSDM Yuan Ardi, dewan guru serta siswa siswi tingkat SMA, SMK dan MAN.

(Tim)