Labuhanbatu Selatan| wartapoldasu.id –Reskrim Polsek Torgamba Polres Labuhanbatu Selatan mengunjungi warga melalui program “Reskrim Melek”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kepolisian dan masyarakat. Program ini dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Torgamba IPDA Dedi Mulyadi, S.H., didampingi oleh anggota AIPTU Hendri Sinaga pada Selasa, (20/2/2024).

 

Dalam program tersebut, Unit Reskrim Polsek Torgamba menyambangi dua lokasi utama, yakni Rumah Kepala Dusun Pinang Awan di Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan Loket Bintang Utara di Simpang Karo, Dusun Cikampak Tengah, juga di Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, IPDA Dedi Mulyadi, S.H., melakukan wawancara dengan kepala dusun Pinang Awan Desa Aek Batu serta Mandor Loket Bintang Utara. Mereka juga memberikan himbauan agar memberikan informasi kepada Unit Reskrim Polsek Torgamba apabila terdapat hal-hal yang mencurigakan yang berpotensi menimbulkan tindak pidana di wilayah mereka. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polsek Torgamba.

 

Kapolsek Torgamba, AKP M. Ilham Lubis, S.H., menerangkan bahwa Kegiatan Reskrim Melek bertujuan untuk mempererat kemitraan antara kepolisian dan masyarakat, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaporkan potensi tindak pidana yang dapat merugikan mereka. Diharapkan dengan adanya program ini, akan tercipta lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Torgamba.

 

Masyarakat setempat menyambut baik kehadiran Unit Reskrim Polsek Torgamba dan program Reskrim Melek yang mereka lakukan. Mereka merasa dihargai dan dilibatkan dalam upaya pencegahan tindak kriminalitas di lingkungan mereka.

 

“Kami sangat mendukung program Reskrim Melek ini. Dengan adanya kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat, kami merasa lebih aman dan terlindungi,” ucap Kadus Pinang Awan.

 

Selain melakukan wawancara dan memberikan himbauan, Unit Reskrim Polsek Torgamba juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait langkah-langkah pencegahan tindak pidana. Mereka memberikan informasi tentang tanda-tanda kegiatan kriminal, serta memberikan panduan tentang cara melaporkan kejadian kriminalitas kepada pihak berwenang. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan mengurangi potensi terjadinya tindak pidana di wilayah mereka.

 

Program Reskrim Melek ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam meminimalisir tindak kriminalitas di wilayah hukum Polsek Torgamba. Dengan melibatkan masyarakat secara langsung, diharapkan akan tercipta hubungan yang harmonis antara kepolisian dan masyarakat sehingga sinergi dalam upaya pencegahan dan penindakan tindak pidana semakin kuat. Peran aktif masyarakat dalam pelaporan dan pencegahan tindak pidana di lingkungan mereka sangat diharapkan oleh pihak kepolisian. Hal ini akan menjadi dasar yang kuat dalam menciptakan lingkungan yang aman, tenteram, serta nyaman bagi semua pihak. Dengan kerja sama yang baik antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan potensi tindak pidana yang mengancam keselamatan dan ketenteraman masyarakat dapat diminimalisir dengan efektif.

 

Sebagai bagian dari upaya pencegahan, Unit Reskrim Polsek Torgamba juga akan terus melakukan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan masyarakat secara langsung. Program-program seperti ini diharapkan dapat memberikan hasil yang signifikan dalam meminimalisir potensi tindak kriminalitas di wilayah hukum Polsek Torgamba. (Milenia/PS)