ACEH TAMIANG | WPO – Dua kecamatan di Aceh Tamiang belum menyerahkan hasil rekapitulasi ke tingkat kabupaten hingga Senin (26/2/2024).

Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti, mengatakan dua kecamatan yang belum menyerahkan hasil rekapitulasi, yakni Tenggulun dan Karangbaru.

Sedangkan sepuluh kecamatan lain di Aceh Tenggara sudah merampungkan seluruh tahapan hitung suara dan menyerahkan rekapnya ke KIP.

Rita menjelaskan kendala di Karangbaru disebabkan tingkat kepadatan penduduk dan jumlah kampung (desa) yang lebih banyak dibanding kecamatan lain.

Sementara untuk Tenggulun, kendala lebih disebabkan faktor jaringan internet yang berdampak terhadap koneksi aplikasi.

“Tidak ada kendala serius, ini hanya faktor jumlah desa yang banyak dan jaringan aplikasi yang sempat terganggu,” kata Rita.

Rita memastikan pihaknya terus mendampingi proses rekapitulasi ini agar bisa diselesaikan sesuai aturan.

Dia pun optimis rekapitulasi ini bisa diselesaikan dalam satu hari ke depan.

“Kami yakin besok sudah tiba di kabupaten,” ujarnya optimis.

Terpisah, Divisi Penyelenggara Pemilu KIP Aceh Tamang, Rusli menambahkan keterlambatan dua kecamatan ini bukan masalah karena jadwal rekapitulasi tingkat kecamatan baru berakhir pada 2 Maret 2024.

Namun diakuinya keterlambatan Tenggulun dan Karangbaru ini berdampak terhadap pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten.

“Awalnya kami menjadwalkan rekapitulasi kabupaten tanggal 28 Februari, tapi tidak bisa kami paksakan karena harus menunggu dua kecamatan lagi,” kata Rusli.

Rusli menabahkan rekapitulasi tingkat kabupaten terjadwal mulai 17 Februari hingga 5 Maret 2024. Rentang waktu ini diyakininya cukup untuk menuntaskan tahapan hitung suara. (Tim)