MEDAN | Warta Poldasu id- PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bisnisnya bergerak pada kepelabuhanan di bidang operasi terminal nonpetikemas di Indonesia, terus memperkuat komitmennya untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan melalui inisiasi program Employee Social Responsibility (ESR).

 

Program ESR SPMT yang bertajuk SPMT Rise! (Responsibility Initiative for Social Empowerement) ini diluncurkan secara resmi oleh Dewan komisaris dan Direksi SPMT dalam Rapat Kerja SPMT Group Tahun 2024 yang digelar di Medan pada Kamis (29/2).

 

SPMT Rise! merupakan sebuah program yang melibatkan partisipasi karyawan secara aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang bukan hanya dalam ruang lingkup kegiatan perusahaan saja, namun juga ruang lingkup masyarakat di sekitarnya. SPMT Rise! ini memiliki dua program yaitu karyawan dapat terlibat langsung dalam aksi sosial yang diinisiasi Perusahaan dan aksi sosial yang di laksanakan di wilayah sekitar tempat tinggal karyawan.

 

“SPMT berupaya untuk mendorong para karyawannya agar dapat mengambil peran dalam berbagai aksi sosial tidak hanya melalui SPMT sebagai korporasi, namun juga dapat berkontribusi langsung di masyarakat. Kami yakin bahwa sejumlah karyawan tentu sudah banyak yang terlibat langsung dalam berbagai kegiatan sosial namun belum diorganisir oleh perusahaan. Dengan hadirnya SPMT Rise! bisa menjadi wadah bagi para karyawan untuk terus menebarkan nilai-nilai positif di lingkungan dan masyarakat karena kemajuan perusahaan harus didukung oleh kemajuan masyarakat sekitarnya,” ujar Direktur SDM SPMT, Edi Priyanto.

 

Edi menambahkan bahwa SPMT Rise! dapat memberikan dampak baik kepada Perusahaan yakni berupa peningkatan engagement karyawan pada Perusahaan sekaligus sebagai bentuk employer branding bagi perusahaan yang dapat membuat karyawan menjadi lebih nyaman bekerja dengan produktif.

 

Sebagai aksi perdana SPMT Rise!, SPMT serukan aksi Jalan Sehat & Hijaukan Pelabuhan yang dilaksanakan pada Jumat (1/3) di SPMT Branch Belawan. Kegiatan tersebut dimulai dengan aksi jalan sehat yang diikuti oleh Dewan Komisaris, Direksi, dan seluruh karyawan SPMT yang kemudian dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon di wilayah sekitar pelabuhan. Aksi Jalan Sehat & Hijaukan Pelabuhan ini merupakan program SPMT Rise! yang baru saja diluncurkan.

 

Sekretaris Perusahaan SPMT, Fiona Sari Utami menambahkan bahwa SPMT memberikan ruang dan kesempatan bagi para karyawannya untuk bisa berkontribusi langsung di wilayah tempat tinggalnya. Kontribusi tersebut dapat berupa aksi sosial yang dilakukan di wilayahnya berada dengan melakukan aksi kebersihan, berbagi pengetahuan dan pengalaman di sekolah atau kampus asalnya, dan aksi sosial lainnya. Melalui SPMT Rise! diharapkan dapat membawa semangat untuk berkontribusi positif kepada masyarakat dan terus menularkan semangat positif tersebut ke lingkungan yang lebih luas.

 

“Sebagai operator terminal pelabuhan nonpetikemas di Indonesia, SPMT terus melakukan transformasi di internal perusahaan baik itu standarisasi pelabuhan, peningkatan penerapan tata kelola organisasi, peningkatan kapabilitas dan kompetensi SDM, serta digitalisasi pada berbagai sektor. Namun sebagai wujud tanggung jawab sosial Perusahaan, SPMT terus mendukung program pembangunan berkelanjutan yang mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” tutup Fiona.(usman)