Sei Rampah|WPO –Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya membuka Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sergai Tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sergai Tahun 2025-2045 di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (4/3/2024).

Bupati Darma Wijaya menyampaikan bahwa tema pembangunan tahun 2025 adalah “Percepatan pencapaian Sapta Dambaan untuk Serdang Bedagai maju terus”. dengan 7 (tujuh) prioritas pembangunan dalam masa periode RPJMD Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2021-2026 yaitu: sekolah mantab (mandiri, terampil, asri dan berkualitas; masyarakat sehat dan religius; pertanian mandiri dan berkelanjutan; infrastruktur terintegrasi; ekonomi berdaya saing; wisata maju terus dan birokrasi dambaan

Kemudian dijelaskan Bupati bahwa ketujuh program prioritas pembangun tersebut akan diturunkan menjadi 49 kegiatan strategis daerah. “Ketujuh prioritas pembangunan tersebut diturunkan dalam 49 kegiatan strategis daerah”, sebutnya.

Lebih lanjut, Bupati menekankan bahwa ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian serius yakni agar perangkat daerah fokus terhadap pencapaian target kinerja yang ada di RPJMD Kabupaten Sergai tahun 2021-2026 dengan prioritas pembangunan Sapta Dambaan. Kedua adalah terkait dengan program kegiatan dan belanja lebih diprioritaskan untuk. peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. terakhir, agar perangkat daerah menghindari belanja yang tidak mendukung indirator program/kegiatan, pungkasnya.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera, Hassanudin yang diwakili Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, H. Rajali menjelaskan bahwa Prioritas Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025 yaitu Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM); Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif; Peningkatan Kualitas Pembangunan Infrastruktur yang berkelanjutan; Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Inovatif.

Untuk Kabupaten Sergai, disampaikannya beberapa penekanan untuk dibahas pada Musrembang tahun ini antara lain agar memperhatikan dan menyesuaikan target-target indikator pembangunan daerah dalam dokumen perencanaan pembangunan yang lebih tinggi. Kedua agar memperhatikan hasil evaluasi RKPD Kabupaten Sergai tahun 2023 untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung. Ketiga agar mendukung program prioritas dan strategis baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten.

“ Terakhir, agar menyesuaikan kemampuan keuangan dan sumber daya yang ada dalam menyusun skala prioritas pembangunan secara terukur,” tandasnya.

Turut hadir para narasumber dari Kementerian Pendidkan Kebudayaan Riset dan Teknologi Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Reinhard Rasoki Togi Gultom, ST dan Kabid Perencanaan, Pengendalian & Evaluasi Pembangunan Bappeda Provinsi Sumut Oktavia Siska Yanti, SH, Asisten Direktur Bank Indonesia Kanwil Sumatera Utara Aegina S Surbakti, perwakilan unsur Forkopinda Sergai, Plh Sekdakab Sergai Drs Fajar Simbolon, M.Si dan jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sergai serta undangan lainnya. (HW)