MEDAN | Warta Poldasu id – Tak berhenti melakukan program-program keberlanjutannya, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mewujudkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan melalui program Pelindo Edutalks yang mengusung tema ‘Future Skills for Future Job: Sebuah Pandangan Strategis PT Pelindo Multi Terminal’ di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada Kamis (07/03) .

 

Kuliah umum yang digelar atas kerja sama SPMT dengan UMSU ini diharapkan memberikan kontribusi nyata, mampu menstimulasi para mahasiswa yang merupakan generasi muda bangsa agar bisa menentukan dan memilih karier yang tepat di masa depan.

 

Pandangan ini sejalan dengan komitmen SPMT untuk terus mendorong pembangunan berkelanjutan, dan salah satunya diwujudkan melalui program Pelindo Edutalks.

 

Direktur SDM Edi Priyanto mengungkapkan, di era digital, sejumlah tantangan muncul di berbagai sektor, termasuk di kepelabuhanan, dan salah satunya disrupsi, di mana terjadi perubahan masif yang mengubah sistem dan tatanan bisnis yang lebih baru karena adanya inovasi dan kreativitas baru.

 

“Disrupsi dan ketidakpastian hanya memerlukan kekuatan, dan kuncinya hanya ada 3, yaitu ‘saya tahu, saya mau, dan saya mampu’, karena kunci perubahan ada pada orangnya, perubahan itu proses, bukan sebuah event yang dilakukan sekali atau dua kali saja,” bilang Edi saat menyampaikan materi.

 

Dalam konteks evolusi pekerjaan, Edi juga menyampaikan, generasi muda saat ini harus mampu mengidentifikasikan pergeseran tuntutan pekerjaan dari era industri ke era digital dan era informasi. Termasuk juga di dalamnya memahami bahwa beberapa keterampilan akan tetap relevan di masa depan.

 

“Pentingnya kemampuan untuk beradaptasidengan cepat terhadap perubahan lingkungan kerja, termasuk penggunaan alat-alat digital baru dan memahami tren teknologi. Selain itu menyadari perlunya fleksibilitas da kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dalam lingkungan kerja yang cepat,” jelas Edi.

 

Wakil Rektor 1 UMSU Muhammad Arifin menuturkan, melalui kuliah umum yang disampaikan oleh Direktur SDM SPMT Edi Priyanto, diharapkan mahasiswa UMSU dapat belajar tentang berbagai skill baru untuk menghadapi tantangan baru di masa depan.

 

“Saat ini nyatanya sudah banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin, dan di era 4.0 ini akan muncul lapangan pekerjaan-pekerjaan baru, yang penting tidak saja pengetahuan tapi juga keterampilan, dan paling penting terkait attitude. Mudah-mudhan kuliah umum ini menambah pengetahuan supaya dapat mempersiapkan diri tentang keterampilan untuk pekerjaan yang akan ada di masa depan,” ucap Arifin.

 

Sekretaris Perusahaan SPMT Fiona Sari Utama menambahkan, SPMT akan terus melakukan sejumlah program keberlanjutan yang menyasar pada tiga fokus utama TJSL Perusahaan, dan salah satunya program peduli pendidikan.

 

“Subholding Pelindo akan terus berkolaborasi dengan institusi pendidikan untuk pengembangan generasi muda dan terus melakukan edukasi pelabuhan seperti kuliah umum ini. Kemajuan SPMT harus seiring dengan pengembangkan di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, SPMT terus berkomitmen untuk melaksanakan program-program TJSL yang mendorong pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan, huku, dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, trukur dampaknya bagi masyarakat luas,” pungkas Fiona.(usman)