ACEH TAMIANG | WPO – Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muhammad Yanis terlihat berpatroli mengendarai sepeda motor saat sidang pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 berlangsung di DPRK Aceh Tamiang, Kamis (7/3/2024) dini hari.

Yanis yang mengenakan seragam dinas datang tengah malam mengendarai sepeda motor didampingi Kasat Sabhara Iptu Heydi.

Malam itu, masyarakat yang hadir tidak seramai malam sebelumnya.

Namun aura panas tetap terlihat jelas, menyusul adanya protes saksi terhadap membengkaknya suara PKS dan Gerindra.

Setelah memarkirkan sepeda motor, Yanis masuk ke ruang sidang utama DPRK Aceh Tamiang, tempat berlangsungnya sidang pleno rekapitulasi.

Yanis memilih duduk di “bangku tempel” yang disusun di balik pintu masuk.

Saat itu sidang tengah berjalan dengan agenda mengupas selisih suara DPR RI.

Sesekali perwira melati dua ini ke luar ruangan berbaur dengan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan proses sidang.

“Kami ingin memastikan sidang pleno berjalan lancar, silahkan masyarakat memantau dan mengawasi sidang ini karena terbuka untuk umum. Tapi harus tetap menjaga ketertiban umum,” kata Yanis.

Kehadiran Yanis di lokasi sidang pleno hingga dini hari sebenarnya bukan hal aneh, karena setiap malam mantan Kapolres Subulussalam selalu setia “menghirup” embun mengawal sidang pleno yang selalu ditutup menjelang subuh.

“Biar lebih leluasa pergerakan,” katanya singkat ketika disinggung memilih mengendarai sepeda motor.

Yanis menekankan, Polres Aceh Tamiang mencurahkan perhatian tinggi terhadap sidang pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024.

Komitmen mengawal proses ini biar aman dan lancar, dibuktikan Yanis dengan mengerahkan 40 personelnya selama sidang berlansung.

Jumlah ini belum termasuk dukungan personel Brimob dan TNI dari Kodim 0117/Atam.

“Setiap malam perwira saya juga standby di sini, tujuannya agar seluruh tahapan ini bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Malam tadi, Yanis bukan hanya mengerahkan personel reguler, tapi turut memboyong sejumlah pejabat utama, di antaranya Kabagops, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim dan Kasat Sabhara.

Di akhir kehadirannya di gedung DPRK, Yanis memberi apresiasi kepada masyarakat karena turut mendukung menciptakan Pemilu aman dan damai di Aceh Tamiang. (Tim)