ACEH TAMIANG | WPO – Kodim 0117/Aceh Tamiang menerima kunjungan kerja Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Kolonel Kav Jaelani didampingi Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P., ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-119 Tahun 2024 bertempat di Desa Kaloy, kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang. Senin (04/03/2024)

TMMD Reguler ke 119 kali ini mengusung tema “Dharma Bhakti mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah” Dalam kesempatan tersebut Kolonel Kav Jaelani melaksanakan peninjauan sasaran fisik, sasaran tambahan dan sasaran non fisik TMMD Reguler ke-119 yang dikerjakan oleh Kodim 0117/Aceh Tamiang.

Kolonel Kav Jaelani menjelaskan bahwa Staf Teritorial Mabes TNI melaksanakan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0117/Aceh Tamiang Beberapa sasaran yang ditinjau diantaranya sasaran fisik pembangunan jalan, jembatan, plat Beton dan RTLH serta program unggulan KASAD diantaranya TNI manunggal air, yang dirangkaikan dengan pembagian sembako kepada warga kurang mampu.

“Dengan dibangunnya jalan tersebut, diharapkan lalu-lintas hasil panen lebih cepat karena mobil truck bisa langsung masuk mengangkut hasil panen petani, sehingga percepatan pergeseran logistik ekonomi lebih cepat”, jelasnya.

Kolonel Kav Jaelani tak luput memberikan penekanan yang perlu dilaksanakan Pertama, Pedomani rencana umum TMMD agar pelaksanaan berjalan tertib, lancar dan sasaran tercapai sesuai yang diharapkan.

Kedua, Gunakan dukungan operasional TMMD sesuai peruntukan kode akun dan tertib administrasi dan Selesaikan target sasaran fisik , sasaran non fisik dan sasaran tambahan program unggulan Kasad tepat waktu sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Ketiga, tingkatkan sinergitas dengan Pemerintah daerah, instansi Vertikal lain, akademisi, tokoh masyarakat/Agama/Adat dan komponen masyarakat lainnya untuk mendukung kegiatan TMMD.

Keempat, Optimalkan pencapaian Output kegiatan dan Outcome program TMMD dalam rangka rakyat juang yang tangguh dan kemanunggalan TNI-Rakta, dan Keenam, Utamakan faktor keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan kegiatan TMMD berlangsung.

Sementara itu Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P., menyampaikan bahwa kedatangan tim Wasev adalah untuk melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan kegiatan TMMD di lapangan, serta untuk memberikan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan TMMD yang sedang dilaksanakan maupun yang akan datang,” ujarnya. Kehadiran Kodim 0117/Atam dan Forkopimda Kab. Aceh Tamiang bersama Tim Wasev TMMD ke-119 diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi masyarakat setempat untuk terus bersinergi dalam memajukan desa mereka dan upaya yang dilakukan ini senantiasa mengedepankan kerja sama antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam membangun daerah yang lebih baik dan sejahtera,” tendasnya.

Tampak hadir diantaranya Pj. Bupati Aceh Tamiang diwakili Oleh Asisten 1 Drs. Muslizar, Dandim 0117/Atam Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P., Kapolres Aceh Tamiang diwakili Kapolsek Kec. Kejuruan Muda AKP Fikri, Pabandya Komsos Dam IM Letkol Inf Muh. Husin, S. Ag., Pabandya Demo Paban III/Tahwil Sterad Mayor Inf Muhammad Fajri Prawira, S. Sos.,Pasi Wanwil Korem 011/LW Mayor Arh. Nasrip, Dan SSK TMMD Lettu Kav. Ali Imron,Kepala Bappeda Kab.Atam diwakili pejabat fungsional Aidil, Spd, Kadis PUPR diwakili oleh Kabid Bina marga Noni, ST., dan Para Perwira jajaran Kodim 0117/Atam. (Tim)