Madina |Wartapoldasu.id –Dalam kebiasaan ataupun tradisi masyarakat Mandailing Natal ketika menjelang bulan suci Ramadan selalu melaksanakan ataupun menggelar dengan istilah “Marpangir”

 

hampir di seluruh kabupaten Mandailing Natal melakukan tradisi tersebut untuk menyambut bulan suci Ramadhan,

 

dalam hal ini Polres Mandailing Natal (Madina) memberikan rasa aman bagi masyarakat Madina yang menggelar tradisi tersebut di sejumlah objek wisata, Senin (11/3/2024).

 

Polres Madina dalam pengamanan tradisi tersebut melakukan patroli ke objek wisata yang berada di wilayah Mandailing Godang, Mandailing Jae, Mandailing Julu hingga wilayah Pantai Barat.

 

Tradisi Marpangir dapat diartikan sebagai tradisi saat menjelang bulan suci Ramadan. Warga secara pribadi maupun keluarga mengunjungi objek wisata pemandian di sungai.

 

Pengamanan yang dilakukan oleh sejumlah Personel Polres Madina dan Polsek di wilayahnya tersebut sesuai perintah tugas dari Kapolres Madina AKBP Arie Sofandi Paloh SH SIK Nomor: Sprint/347/III/PAM.3.3/2024 Tanggal 10 Maret.

 

Kapolres Madina mengatakan, patroli dilakukan dalam momentum tersebut sebagai langkah Polri dalam memberikan kenyamanan dan keamanan saat menjalani tradisi tersebut.

 

Tradisi Marpangir hari ini berlangsung dengan aman dan lancar. Saya menekankan kepada seluruh personel yang melakukan pengamanan mengimbau masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan di lokasi wisata ucap Kapolres.

 

AKBP Arie Paloh menyebut, masyarakat juga di lokasi terutama para orangtua agar menjaga anak-anaknya agar tidak bermain ke tengah sungai dan pantai.

 

Terutama kepada para orangtua yang datang ke objek wisata itu kita himbau agar anaknya dijaga, Barang-barang bawaan juga diminta dijaga agar tidak ada yang dirugikan dalam kegiatan tradisi tahunan ini jelasnya lagi.

 

Berikut lokasi objek wisata yang dilakukan pengamanan hari ini; Jembatan Jalan Lintas Timur Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan. Jembatan Hutabargot, Desa Pasarakat Kecamatan Hutabargot.

 

Kemudian, pemandian pintu air Desa Padang Laru Kecamatan Panyabungan Timur, jembatan jambur Desa Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara, objek wisata sampuraga Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat.

 

Selanjutnya, air terjun di Kelurahan Huta Godang Kecamatan Kotanopan, Sungai Batang Gadis Desa Saba Pasir Kecamatan Kotanopan, sungai aek manis Desa Muara Mais Jambur, jembatan tambangan jae dan jembatan cinta Desa Pastap Julu.

 

Jembatan batu cundung Desa Tanjung Medan, Waterboom Desa Tanjung Alai, Sungai Batang Natal Desa Bangkelang, kolam renang rindu alam Desa Tarlola, air terjun caroce Desa Tandikek, pantai tompek Desa Tompek, pulau karo Desa Sundutan Tigo, pantai kapling Desa Panggautan, pantai baturusa Desa Tabuyung dan pantai batu Badaun Desa Sikapas.

 

Masyarakat ucapkan rasa syukur dan terima kasih pada polres madina yang ciptakan rasa aman selama acara Marpangir. Bravo Polres Madina.

 

(Tim )