Sei Rampah|WPO –Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Tambunan melantik Rusmiani Purba, SP, M.Si, sebagai Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai. Pelantikan ini diselenggarakan di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (14/3/2024).

 

Bupati Darma Wijaya menyampaikan bahwa pelantikan ini didasarkan pada Praturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah dan telah mendapat persetujuan dari Gubernur Sumatera Utara No. 800.1.3.3/23/2024 tanggal 13 Maret 2024 perihal Persetujuan Penunjukan Pj. Sekdakab Sergai.

 

Tak lupa Bupati mengucapkan selamat kepada Pj. Sekdakab Sergai yang baru saja dilantik.

 

“Semoga dengan dilantiknya menjadi Pj. Sekdakab, kinerja perangkat daerah yang berada di Sergai dapat menjadi lebih baik lagi. Saya berharap saudara dapat terus meningkatkan pengawasan dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang ada di perangkat daerah, tentunya dengan berkoordinasi bersama para Asisten,” ucapnya.

 

Darma Wijaya berpesan, segenap jajaran pemerintahan harus memberikan dukungan dan kerja sama yang baik, sehingga tugas dan amanah organisasi dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Ia juga berharap, pelantikan Pj. Sekdakab ini dapat membantu tugas Kepala Daerah merumuskan dan menetapkan kebijakan pemerintah daerah, memimpin, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan pelaksanaan tugas Sekretariat Daerah dan seluruh perangkat daerah.

 

“Kepada Pj. Sekdakab untuk benar-benar mengevaluasi kinerja perangkat daerah guna memaksimalkan pencapaian visi misi Sergai,” sebutnya.

 

Masih kepada Pj. Sekdakab, Darma Wijaya juga berpesan dalam menjalankan amanah dan tugas yang diberikan agar dilaksanakan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Tentunya selalu berorientasi kepada sumpah jabatan yang telah diucapkan di hadapan Allah SWT dan di hadapan semua yang hadir.

 

Bupati kemudian menekankan kalau sikap kepemimpinan yang wajib dimiliki dalam menjalankan amanah adalah loyalitas.

 

Jika seorang pemimpin loyal, ia meyakini sudah pasti akan diikuti dengan kemampuan sumber daya manusia yang baik.

 

“Tentunya mesti dibarengi dengan pemahaman terhadap ketentuan perundang-undangan yang baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” ungkapnya.

 

Selanjutanya Bupati Sergai mengatakan tahun 2024 adalah tahun politik, pemilihan umum (Pemilu) telah digelar dengan damai dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak akan dilakukan pada tahun ini juga.

 

Untuk itu menurutnya dibutuhkan dukungan dan peran serta dari semua pemangku kepentingan guna menyukseskan pesta demokrasi rakyat.

 

“Mari kita rapatkan barisan untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Sergai. Saling bekerja sama dan berkolaborasi demi mewujudkan Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” paparnya.

 

Mengakhir sambutan ini, Bang Wiwik, sapaan akrabnya, mengajak seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Sergai agar bersinergi untuk memacu diri mencapai hasil yang maksimal.

 

“Mari kita terus mengasah kemampuan dan kapasitas, supaya mampu berdaya saing dalam gerak pemerintahan yang harus bergerak cepat,” tutupnya.

 

Pelantikan Pj. Sekdakab ini dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala OPD, Kabag, serta tamu undangan. (HW)