Wartapoldasu.id – ACEH TAMIANG, Pemilihan Raya Aksi Remaja (Pemirsa) atau yang disebut D’Inspirator dilangsungkan di ruang sidang utama DPRK Aceh Tamiang.

Dua pimpinan dewan, Fadlon dan Muhammad Nur bahkan ikut menggunakan hak pilihnya.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua D’Inspirator ini dilakukan dalam rangkaian simulasi sidang komisi dan paripurna pada 1 Maret lalu.

Layaknya anggota legislatif dan eksekutif, aksi remaja yang tergabung dalam Sekolah Inspirasi ini juga mengenakan pakaian profesi seperti camat, polisi, tentara, dokter, ASN, dan lain sebagainya.

Founder Sekolah Inspirasi, Rahmah Nur Rizki mengatakan kegiatan dan pakaian profesi ini untuk menumbuhkan karakter percaya diri dan leadership kepada Aksi Remaja dengan metode roleplay dan simulasi secara langsung.

“KIta lihat kemarin bahkan pimpinan Dewan Perwakilan Remaja pun sudah terampil menggunakan palu sidang ketika mengambil keputusan dan penetapan,” kata Rahmah, Rabu (13/3/2024).

Dalam simulasi ini, tiga paslon Ketua dan Wakil Ketua juga diberi kesempatan menyampaikan visi misinya di hadapan pimpinan DPRK Aceh Tamiang.

Para kandidat juga diberi waktu menjawab pertanyaan yang diberikan Kaban Kesbangpol, Agusliayana Devita seputar leadership dan organisasi.

Dua pimpinan DPRK Aceh Tamiang, Fadlon dan Muhammad Nur serta Kaban Kesbangpol Aceh Tamiang Agusliayana Devita juga ikut mencoblos di bilik suara.

Proses hitung suara menempatkan pasangan Fathurrahman Al Hafizh (SMAN 1 Kejuruan Muda) dan Nurul Husna (MAN 2 Aceh Tamiang) sebagai Ketua dan Wakil D’Inspirator.

“Siswa kami tampak antusias dan sangat bahagia, bisa terlihat dari keseriusan mereka menjalankan sidang, dan menahan pimpinan DPRK untuk melakukan sesi foto bersama berulang kali,” ucap Rahmah.

 

Rahmah sangat bersyukur karena telah disambut istimewa oleh perwakilan eksekutif dan legislatif.

Dia optomis sikap pemerintah yang tidak memandang sebelah mata terhadap remaja akan berdampak positif pada proses belajar.

“Kami sangat berterimakasih karena sudah diberikan kesempatan untuk bisa menampilkan dan terus membangun karakter siswa-siswi Aksi Remaja kami yang di-support oleh banyak pihak,” kata Rahmah.  (Tim)