Wartapoldasu.id – ACEH TAMIANG, Puluhan prajurit Kodim 0117/Atam dikerahkan untuk membersihkan pasar tradisional Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang.

Gotong royong ini melibatkan unsur dari kepolisian, Forkopimda, pemerintah kampung hingga elemen masyarakat.

Dandim 0117/Atam, Letkol Inf Andi Ariyanto menjelaskan, karya bakti terhadap masyarakat ini dilakukan sebelum puasa atau pada Minggu (10/3/2024) kemarin.

Aktivitas ini dipastikan  Dandim masih dalam bingkai TMMD Reguler Ke-119 yang dipusatkan di Kaloy.

“TMMD yang sedang kita lakukan bukan hanya menyasar terhadap kegiatan fisik, tapi ada juga sisi kemanusian, termasuk membersihkan pasar tradisional,” kata Andi diwakili Pasiter Kapten Inf Hendra Swastika, Selasa (12/3/2024).

Hendra menambahkan, sasaran gotong royong membersihkan pasar tradisional ini sebelumnya dijadwalkan oleh tim TMMD.

Tujuannya bukan hanya untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat, tapi juga demi menunjang perekonomian masyarakat.

“Pasar ini salah satu pusat perekonomian di kampung.  Kami berharap setelah dilakukan pembersihan, aktivitas perputaran ekonomi semakin baik, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin baik,” harapnya.

Ditegaskan Hendra, salah satu tujuan TMMD memang untuk memberi dampak peningkatan perekonomian masyarakat.

Bersamaan dengan gotong royong ini, Satgas TMMD Aceh Tamiang juga tengah membangun jalan, jembatan pelat beton, dan merehab rumah tidak layak huni (RTLH).

Selain itu, TNI juga berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia melalui program perbaikan gizi untuk memberantas stunting. (Tim)