Wartapoldasu.id – Penjabat (Pj.) Sekdako Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE mewakili Pj. Wali Kota Drs. Syarmadani, M.Si., bersama stakeholder terkait menghadiri Visitasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait kesiapan dalam pembukaan fakultas kedokteran di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Unimed dan Gedung FK Unimed, Rabu (20/3/2024).

 

Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan (Dirjen Nakes) drg. Arianti Anaya, MKM. dan Direktur Penyedia Tenaga Kesehatan Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes. dari Kementerian Kesehatan RI. beserta rombongan melakukan visitasi lapangan untuk melihat langsung kesiapan Universitas Negeri Medan dalam pembukaan Fakultas Kedokteran untuk Program Studi Pendidikan Kedokteran dan Profesi Dokter. Kegiatan visitasi dari Kemenkes RI ini dilakukan agar Unimed memperoleh surat rekomendasi Pembukaan Program Studi Pendidikan Kedokteran dan Program Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Medan (Unimed).

 

Dalam sambutannya drg. Arianti Anaya mengatakan, “tentu dari Kementerian Kesehatan menyambut baik dengan adanya keinginan dari Unimed untuk membuka Fakultas Kedokteran baru, karena memang yang kita ketahui Provinsi Sumatera Utara hanya mempunyai 9 (sembilan) Fakultas Kedokteran, sementara sesuai data pemerintah di SUMUT ini masih kekurangan dokter lebih kurang 3000 an dokter untuk ditugaskan di rumah sakit dan puskesmas-puskesmas di Sumatera Utara” imbuhnya.

 

Harapannya Unimed bisa membuka Fakultas Kedokteran dan memenuhi standar yang sudah disiapkan Diktiristek Kemendikbudristek. Tentunya, ada ketentuan-ketentuan dan fasilitas yang harus disiapkan setelah kami melakukan visitasi dan akan memberikan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, maka akan ada lagi visitasi yang lebih konprehensif dalam waktu dekat, bersama dengan Ditjen Diktiristek nantinya. Jika melihat banyak usulan FK, karena saat ini saja sudah ada lebih dari 100 permohonan FK di Diktiristek dari berbagai daerah yang belum diproses, tutupnya. Saya yakin Unimed tentu bisa karena sudah menjadi perguruan tinggi tertua di Sumatera Utara dan tentu dosen-dosennya sudah profesional.

 

Turut hadir, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Unit di lingkungan Unimed, Dekan FK USU yang diwakili WD 1 FK, Direktur RSUD Kota Tebing Tinggi dr. Irwansyah, Kadis Kesehatan Kota Tebing Tinggi dr. Henny Sri Hartati, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tebing Tinggi Idam Khalid, SKM, M.Kes, Ketua Koni Sumut, dan undangan lainnya, serta dan puluhan calon dosen FK Unimed serta tendik Unimed. (YF)

 

Editor : N gulo