wartapoldasu.id – Polres Mandailing Natal bersama lintas sektoral dalam hal ini Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Madina Rapat Kordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba Tahun 2024.

Rakor tersebut dilakukan di Aula Tantya Sudhirajati Polres Madina dipimpin Wakapolres Kompol Marluddin, Kamis (28/3/2024).

 

Hadir para Pejabat Utama (PJU) Polres Madina, Forkopimda, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Madina, para pimpinan SPBU di Jalan Lintas Sumatera Madina beserta pengurus Organisasi Angkutan Darat (Organda).

 

Wakapolres dalam rakor tersebut memaparkan persiapan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M yang akan berlangsung sepekan ke depan.

 

Jalan lintas perbatasan Kabupaten Madina dengan Sumatera Utara menjadi perhatian agar tidak menggangu jalannya proses mudik.

“Adapun yang menjadi perhatian di wilayah kita adalah jalur lintas yang menghubungkan dengan jalan lintas Provinsi Sumatera Barat masih ada kerusakan dan berharap tidak menggangu arus mudik,” kata Kompol Marluddin mewakili Kapolres AKBP Arie Sofandi Paloh SH SIK.

 

Selian itu, Wakapolres juga menyebut kordinasi dengan BPBD juga perlu diperkuat dalam pelaksanaan Operasi tersebut.

Pasalnya, kata Marluddin, cuaca hingga kini tidak bisa diprediksi apakah musim hujan atau kemarau.

 

“Perlunya kordinasi dengan BPBD Madina terkait antisipasi musim penghujan yang dimungkinkan akan terjadi longsor dan banjir sehingga mengganggu kelancaran arus mudik,” jelasnya.

 

Terakhir, Kompol Marluddin juga mengingatkan pentingnya instansi Dinas Kesehatan dan Satpol PP berperan aktif dalam operasi itu.

 

“Kami meminta Dinas Kesehatan Madina untuk ikut standby di Pos PAM mudik lebaran dan menyiapkan armadanya bila diperlukan untuk melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang memerlukan,” ujarnya.

 

“Kami juga mohon kerja sama Satpol-PP agar ketika pelaksanaan perayaan lebaran dapat melakukan razia petasan yang dapat mengganggu ketertiban umum,” sambung Wakapolres Madina.

 

Sementara itu Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution diwakili Asisten II Sekdakab dr. Syarifuddin tegas mendukung pelaksanaan operasi tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan rutin setiap tahun oleh pihak kepolisian dan sejumlah instansi. Maka dari itu Pemkab Madina selalu siap mendukung agar pelaksanaan operasi lancar.

 

“Pemkab Madina sangat mendukung apa yang menjadi arahan dari Polres Madina. Saya imbau kepada masing masing pimpinan OPD untuk menyiapkan sarana dan prasarana agar masyarakat pemudik berjalan aman dan lancar,” Imbuhanya.

 

Selama kegiatan Rakor berlangsung situasi keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Madina berjalan aman, lancar dan kondusif. (SH)

 

 

Editor : N gulo