Wartapoldasu.id- Menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. didampingi Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) melakukan peninjauan ketiga pos pelayanan yang tersebar di beberapa daerah di Kota Tebing, Jumat siang (05/04/2024).

 

Pos pelayanan yang pertama dikunjungi Pj. Wali Kota beserta rombongan yakni di Simpang Beo, dilanjutkan ke pos pelayanan yang berada di depan Terminal Bandar Kajum dan berakhir di pos pelayanan stasiun Kereta Api Jln. Imam Bonjol.

Disampaikan Pj. Wali Kota, bahwa kegiatan ini merupakan peninjauan untuk memastikan kesiapan dan kelancaran arus mudik lebaran di Kota Tebing Tinggi.

 

“Kita melakukan cek dan ricek terkait kesiapan menghadapi arus mudik. Walaupun kita yakin, masing-masing satuan sudah menyiapkan rencana kerja, baik dari pemerintah daerah, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan maupun TNI dan Polri. Ini semua sebagai bentuk cek dan ricek dan dukungan moril,” ujar Pj. Wali Kota.

 

Pj. Wali Kota juga berkesempatan memberikan bingkisan kepada petugas jaga di pos pelayanan, hal ini diungkapkan Pj. Wali Kota, sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih.

 

“Karena sama kita maklum, pada saat yang lain bisa melaksanakan mudik, yang bertugas (jaga) bisa loyal untuk melaksanakan tugas. Hal kedua, kita juga semua pastikan, bahwa pengguna transportasi bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” tutup Pj. Wali Kota.

 

Sinergitas dan kesiapan personil di lapangan diakui Kabag Ren Polres Kompol. A.A. Siregar, yang dalam kesempatan itu mewakili Kapolres.

 

“Secara personil, perlengkapan dan antisipasi kerawanan khususnya terkait laka lantas, kami siap,” ujar Kabag Ren Polres.

 

Selain mengecek kesiapan personil, Pj. Wali Kota bersama Forkopimda juga memantau arus lalu lintas melalui kamera pengawas atau CCTV, di Terminal Bandar Kajum, yang mana ada 13 titik CCTV pemantauan, Simpang Empat Kota sebanyak 4 CCTV, Simpang Medan sebanyak 3 CCTV, Simpang Beo 3 CCTV dan Simpang Rambung sebanyak 3 CCTV.

 

Terkait seringnya pelanggaran kecelakaan di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, pihak Dinas Perhubungan Kota Tebing Tinggi bersama stakeholder terkait, melakukan pemasangan 4 spanduk himbauan dan peringatan untuk selalu berhati-hati di perlintasan Kereta Api tanpa palang pintu di Kota Tebing Tinggi.

 

Adapun 4 spanduk tersebut dipasang di Jln. Abdul Hamid, Jln Danau Singkarak, Jln. Danau Maninjau dan Jln. Gunung Semeru. Keesokan hari (Sabtu,06/04), Dinas Perhubungan Kota Tebing Tinggi akan menambah 4 titik lokasi pemasangan, sehingga total 8 spanduk terpasang.

 

Diharapkan dengan terpasangnya spanduk tersebut, para pengguna jalan lebih berhati-hati ketika melintasi perlintasan sebidang kereta api tanpa palang pintu dengan melihat kiri dan kanan sebelum melintas.

 

Turut mendampingi Pj. Wali Kota, Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE, Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Kadishub Manahan Guntur Harahap, S.STP., M.Si., Kasatpol PP Drs. Yustin Bernard Hutapea, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Korriati Manurung. S.Tr.Keb., Plt. Kabag Prokopim Faisal Ahmad, S.Ag. dan tim peliputan Diskominfo. (Yf)

 

 

Editor : N gulo