Wartapoldasu.id- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menurunkan polisi pariwisata untuk membantu para wisatawan yang melakukan liburan pada Lebaran 2024 di destinasi unggulan di wilayah ini.

 

“Persone ini juga dibekali dengan motor listrik dan segway di sejumlah objek wisata seperti Danau Toba, Berastagi dan lainnya untuk mempermudah mobilitas kerja,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Jumat (11/4/2024).

Hadi melanjutkan polisi pariwisata ini juga memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup baik, hal ini bertujuan untuk membantu wisatawan luar negeri yang berlibur pada Lebaran ini di destinasi unggulan tersebut.

 

“Polisi pariwisata juga bertugas untuk mengamankan, memberi kenyamanan dan menjaga kondusifitas di objek pariwisata tersebut,” ucapnya.

 

Sebab, polisi pariwisata merupakan bagian dari personel yang tergabung “Operasi Ketupat Toba 2024” yang jumlah anggota gabungan lebih dari 12.000 orang tersebut.

 

Untuk mempelancar para wisatawan yang berkunjung di objek wisata tersebut, menurut Hadi pihaknya juga menyiapakan personel dan pos di wilayah itu.

 

“Kami mengimbau kepada pengemudi jangan  mengonsumsi minuman yang beralkohol,” ucapnya.

 

Hadi berharap pengemudi harus dalam kondisi bugar tidak terpengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang karena risiko sangat berbahaya bagi keselamatan.

 

Lebih lanjut, dia menambahkan Polda Sumut dan jajaran menugaskan tim medis di pos terpadu untuk menjaga kesehatan personel gabungan yang bertugas pada Lebaran 2024.

 

Selain itu, tim medis ini juga melayani masyarakat yang mudik Lebaran,” kata mantan Kapolres Biak, Papua ini.

 

 

Editor : N gulo