WartaPoldasu.id- Kebakaran lahan kembali terjadi di Aceh Tamiang.

Mirisnya, kasus terbaru terjadi di dua lokasi sekaligus pada Sabtu (13/4/2024) malam.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tamiang, Iman Suhery mengungkapkan kebakaran ini terjadi Kecamatan Kejuruan Muda dan Kecamatan Sekerak.

Laporan pertama mereka terima dari warga di Bukitrata, Kejuruan Muda sekira pukul 18.02 WIB, sedangkan laporan kedua diterima pukul 19.27 WIB.

“Kekjadiannya bersamaan, kami harus membagi tim untuk memadamkan api yang kondisinya sudah besar,” kata Bayu, sapaan Iman Suheru, Minggu (14/4/2024).

Langkah pemadaman di lokasi pertama dilakukan dengan mengerahkan dua armada jenis truk pemadam yang didukung penyuplai air.

Sementara di lokasi kedua yang berada di belakang Kantor Camat Sekerak juga dikerahkan armada serupa, hanya saja dengan personel yang lebih banyak.

“Kondisi api sudah sangat besar, kita tidak ingin api menjalar ke permukiman,” tuksa Bayu.

Dari informasi yang diterimanya, kebakaran ini disebabkan ulah warga yang membuka lahan dengan cara membakar semak.

Padahal Forkpimda dan Forkopimcam sudah berulang-ulang mengingatkan warga mengenai bahaya membuka lahan dengan pola ini.

“Kami sangat berharap agar masyarakat memahami kondisi cuaca sedang tidak baik, dampak el nino sangat mempengaruhi suhu menjadi tinggi,” kata Bayu.

Sejauh ini kobaran api di dua lokasi tersebut sudah berhasil dipadamkan, namun potensi munculnya titik api baru masih memungkinkan.

“Kami masih siaga, dan yang terpenting mari sama-sama kita jaga lingkungan kita,” pesan Bayu. (Tim)

 

 

Editor : N gulo