WartaPoldasu.id- Semarak lebaran Idul Fitri 1445 H di Aceh Tamiang akan dimeriahkan dengan Festival Takbir Keliling. Sejumlah hadiah telah disiapkan panitia untuk tim yang berhasil menyuguhkan atraksi terbaik.

Even yang sudah lama ditiadakan ini rencananya akan dilangsungkan persis pada malam takbiran yang kemungkinan jatuh pada Selasa (9/4/2024) malam. Seluruh kecamatan yang berjumlah 12 dipastikan ambil bagian dalam festival ini.

“Seluruh kecamatan bersama kelompok masyarakat akan bergabung menyemarakkan malam lebaran,” kata Kepala Dinas Syariat Islam, Syamsul Rizal, Senin (8/4/2024).

Rizal mengungkapkan pawai festival ini akan dilepas Pj Bupati Aceh Tamiang Asra di halaman kantor bupati. Diagendakan unsur Forkopimda Aceh Tamiang juga hadir melepas para peserta festival. Selanjutnya iring-iringan festival akan melewati rute yang sudah ditentukan, sepeti Simpang Opak, Rantau dan kembali ke kantor bupati.

Rizal menambahkan Festival Takbir Keliling ini sudah lama diagendakan. Tujuannya bukan sekadar memeriahkan malam takbiran, tapi juga berperan sebagai edukasi dan syiar agama kepada masyarakat, khususnya kaum muda.

Makanya untuk memaksimalkan daya tarik festival ini, panitia telah menyediakan hadiah untuk tim yang berhasil menyuguhkan atraksi terbaik. Hadiah sebesar Rp 10 juta akan  diberikan untuk tim terbaik pertama, kemudian tim terbaik kedua Rp 7,5 juta, terbaik tiga Rp 5 juta, sedangkan tim terbaik empat hingga enam akan diberi masing-masing Rp 2,5 juta.

“Nanti yang dinilai panitia merupakan keindahan irama takbiran, kecantikan dekorasi kendaraan, dan juga kerapian dan ketertiban peserta,” ungkap Rizal.

Rizal berharap dukungan seluruh masyarakat untuk menyukseskan festival ini agar meninggalkan kesan yang baik. Dia berkeyakinan bila festival yang sudah lama hilang ini berjalan lancar, maka ke depan festival yang berkaitan dengan Islam akan semakin gencar dilaksanakan.(Tim)

 

 

Editor : N gulo