WartaPoldasu.id- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XX tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dibuka oleh Bupati H Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Tambunan, Rabu (24/4/2024) di Alun-alun Sergai berlangsung meriah. Kegiatan diawali dengan pawai taaruf yang diikuti ratusan kafilah dari berbagai daerah se-Sergai. Pawai dimulai dari Kantor DPRD menuju Alun-alun Sergai.

Usai memukul bedug tanda dibukanya MTQ, Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan jika melalui kegiatan MTQ ini kita semua khususnya umat Islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pendalaman isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“ Dengan mengusung tema “ Mewujudkan generasi yang religius untuk Serdang Bedagai Maju Terus”. Hal ini tentu sejalan dengan visi kabupaten dalam menjadikan Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” ujar Bupati.

Terkait dengan pembangunan yang telah dilaksanakan, Bupati Darma Wijaya berpesan agar seluruh hasil pembangunan baik fisik dan non fisik dapat dimanfaatkanya sebaik-baiknya dan dijaga agar kemanfaatanya dapat terus dinikmati untuk masa yang akan datang.

Ucapan selamat mengikuti kegiatan kepada para Kafilah juga disampaikan oleh Bupati Sergai, Semoga momentum ini bisa meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, sehingga nantinya para kafilah yang luar biasa ini bisa mewakili nama Sergai di ajang MTQ tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“ Harapan kita bersama semoga prestasi generasi muda yang dimiliki saat ini dapat menjadikan Kabupaten Sergai sebagai kabupaten yang cukup diperhitungkan oleh kabupaten maupun kota lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Pembukaan MTQ ke XX yang juga menjabat sebagai Pj Sekdakab Sergai, Rusmiani Purba, SP, M.SP melaporkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan seni baca Al-Quran dan meningkatkan pemahaman, penghayatan serta pengamalan isi kandungan Al-Qur’an. Kemudian untuk mengembangkan seni budaya yang Islami sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“ Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini sampai hari Minggu tanggal 28 April 2024 dengan diikuti sebanyak 555 peserta dari 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai,” kata Pj Sekda Sergai.

Ia pun merinci jika peserta setiap kecamatannya terdiri dari Kecamatan Pantai Cermin sebanyak 40 orang, Perbaungan 46 orang, Teluk Mengkudu 23 orang, Sei Rampah 42 orang, Tanjung Beringin 40 orang, Tebing Tinggi 25 orang, Bandar Khalifah 9 orang, Dolok Merawan 23 orang, Dolok Masihul 49 orang, Sipispis 12 orang, Kotarih 29 orang, Bintang Bayu 38 orang, Silinda 29 orang, Serbajadi 38 orang, Pegajahan 43 orang, Sei Bamban 41 orang, Tebing Syahbandar 28 orang.

Sedangkan cabang-cabang yang diperlombakan antara lain; cabang Seni Baca Al-Qur’an, Tartil Al-Qur’an,Qiraat Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an dan Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an,” beber Rusmiani Purba.

Kegiatan dimeriahkan dengan kehadiran pameran bazar UMKM selama pelaksanaan kegiatan.

Hadir dalam kegiatan unsur forkopimda, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Anggota DPRD Sergai, Ketua DWP, Bhayangkari, Persit, IKA, Darmayukti Karini, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, ASN, Paskibra, Pelajar serta undangan lainnya. (HW)

 

 

Editor : N gulo