WartaPoldasu.id- Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. mengatakan bahwa masa remaja adalah masa terjadinya pertumbuhan dan perkembangan secara pesat, baik fisik, psikologis maupun intelektual. Remaja juga memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar terhadap segala hal, dan cenderung memiliki keberanian untuk mencoba hal yang berupa petualangan dan tantangan yang memiliki resiko kecil maupun resiko besar tanpa adanya pertimbangan yang matang.

 

“Tetapi hal tersebutlah yang akan menjadi boomerang terhadap mereka, karena mereka akan mementingkan ego sendiri agar mereka puas dengan hal yang mereka lakukan pada masa itu. Seorang remaja haruslah memiliki rencana terhadap kehidupannya sendiri, baik rencana akan masa depan, pertemanan, dan pernikahan,” kata Pj. Sekdako dalam arahannya saat membuka acara Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Tebing Tinggi tahun 2024, Senin (29/04/2024) di Balai Kartini Baru, Jalan Gunung Leuser, Kota Tebing Tinggi.

 

Menurut Pj. Sekdako, jika seorang remaja memiliki rencana untuk masa depannya maka dia akan senantiasa hidup di lingkungan yang baik dan mustahil untuk terjerumus pada kenakalan-kenakalan remaja.

 

“Remaja masa sekarang lebih mementingkan kepuasan sendiri tanpa memikirkan apa yang akan terjadi di masa depannya. Adanya duta genre atau duta generasi berencana ini adalah untuk menginformasikan tentang pentingnya remaja yang memiliki rencana terhadap masa depannya”, ujar Pj. Sekdako.

 

Dengan ada pemilihan Duta Genre Kota Tebing Tinggi, Pj. Sekdako berharap para remaja, khususnya remaja Kota Tebing Tinggi dapat menjadi contoh ataupun penyalur informasi mengenai permasalahan remaja.

 

“Sesuai dengan arti salam genre yaitu, tidak menikah muda, tidak melakukan seks pranikah, dan menjauhi narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Terlebih yang nantinya terpilih sebagai duta genre harus tampil sebagai generasi tangguh dalam menghadapi kemajuan zaman, bisa memahami dan mempratikkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Bersama Duta Genre Kota Tebing Tinggi mari kita wujudkan generasi berencana yang sehat, cerdas, ceria dan bebas dari stunting, serta dapat menjadi instrumen yang efektif dalam menciptakan generasi muda yang tangguh dan berdaya saing tinggi”, pungkasnya.

 

Ketua Panitia Luthfi Fahlevi Nasution, menyampaikan maksud dan tujuan duta genre adalah untuk membentuk remaja menjadi role model dan pendidik sebaya yang dapat memberikan inspirasi serta edukasi untuk membangun semangat para remaja agar menjadi remaja sehat, cerdas, ceria dan dapat memulai kehidupan dengan perencanaan yang matang.

 

Selain hal itu, Ketua Panitia juga berharap para remaja Kota Tebing Tinggi dapat menjadi generasi yang produktif baik di bidang ekonomi, kreativitas, dan sosial budaya, yang nantinya akan berdampak positif bagi kehidupan dimasa yang akan datang.

 

Perwakilan Tim KKKPS Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Agustina siregar S.Sos.,M.Si mengatakan bahwa undang-undang telah memberikan amanat kepada pemerintah untuk menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

 

“Sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang No. 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Pasal 47, agar dapat mendukung keluarga untuk melaksanakan 8 fungsi keluarga, yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosial dan pendidikan, ekonomi, dan pembinaan lingkungan sehingga akan dihasilkan keluarga berkualitas yang kemudian akan melahirkan generasi yang lebih baik dan berkarakter”, jelasnya.

 

Selain itu, dikatakan Perwakilan Tim KKKPS Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara bahwa program Perkembangan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), secara khusus dilaksanakan untuk mendukung Program Nawacita Presiden Jokowi, yaitu nawacita kelima, “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia”, dan secara umum mendukung Nawacita ketiga “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia” dan Nawacita kedelapan yaitu melakukan “Revolusi Karakter Bangsa”.

 

“Dan kemudian dari sisi dimensi pembangunan, BKKBN masuk didalam dimensi pembangunan manusia dalam prioritas kesehatan dan pembangunan mental/karakter bangsa”, jelasnya.

 

Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut, para Pimpinan OPD atau yang mewakili, para Camat se-Kota Tebing Tinggi, Lurah Se-Kota Tebing Tinggi, Forkopimda, Kepala BNN Kota Tebing Tinggi, Kemenag Tebing Tinggi, para peserta Genre Tahun 2024, para undangan dan Tim Peliputan Diskominfo. (YF)

 

 

Editor : N gulo