WartaPoldasu.id- Dengan menngenakan busana adat, jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (2/5/2024).

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Adlin Tambunan, Perwira Upacara Sekretaris Dinas Pendidikan Agus Salim Berutu SPd, MM dan Komandan Upacara Muhammad Aqil Khairi Guru SMP IT YPTI Lubuk Cemara. Upacara ini juga diikuti oleh unsur Forkopimda, Pj. Sekdakab Rusmiani, SP, M.Si, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Pejabat Administrator dan jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai serta perwakilan siswa.

 

Membacakan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik (Mendikbudristek) Indonesia Nadiem Anwar Makarim, Wabup Adlin Tambunan mengemukakan bahwa dalam kurun 5 tahun terakhir adalah waktu yang mengesankan dalam Gerakan Merdeka Belajar sebagai kesempatan untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia.

 

Perjalanan ini menurutnya mentransformasi sistem yang sangat besar bukannya hal yang mudah. Bukan juga tugas yang sederhana karena untuk sebuah perubahan membutuhkan perjuangan, sebutnya.

 

Dilanjutkannya, bahwa tantangan di masa pandemi juga mengakibatkan dampak yang cukup besar bagi proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis yang kita hadapi dengan bergotong royong bersama untuk pulih dan bangkit menjadi lebih baik.

 

“ Waktu lima tahun bukan sebentar untuk memimpin gerakan merdeka belajar, namun juga bukan waktu yang cukup lama untuk membuat perubahan menyeluruh. Namun, saat ini dunia pendidikan sudah berjalan menuju arah yang benar, semoga semua yang dikerjakan akan diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan, harapnya.

 

Mengakhiri sambutannya, Nadiem Makarim menyampaikan pesan perpisahan di akhir masa pengabdiannya sebagai Mendikbudristek kepada seluruh jajaran dunia pendidikan .

“Di masa akhir pengabdian sebagai Mendikbudristek ini, saya mengucapkan terimakasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan, dengan penuh harapan saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua sebagai penggerak perubahan yang tidak kenal menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan”, pungkas Nadiem Makarim.

 

Usai gelaran upacara, Wabup Adlin Tambunan menyerahkan bingkisan kepada para guru yang menjalani masa pensium (purnabakti) di tahun 2023-2024 diantaranya Warsen Purba, Nurhaitami Nst S.Pd, Erwan Silitonga, Theresia Sihombing, Tiurma Siboro, Sumardi dan M. Zein. (HW)

 

 

Editor : N gulo