WartaPoldasu.id- Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si yang diwakili Pj. Sekretaris Daerah H. Kamlan Mursyid, S.H, M.M menghadiri pembukaan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil Apeksi) 2024 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Jumat (3/5/2024).

 

Raker Komwil I Apeksi 2024 yang mengangkat tema “Kolaborasi Kota Menuju Indonesia Emas 2024” secara resmi dibuka Menteri Dalam Negeri yang diwakili Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bidang Hukum, Kerjasama, dan Kepegawaian Suhajar Diantoro.

 

Pembukaan Raker Komwil I Apeksi 2024 ditandai dengan pemukulan kompang bersama Pj. Gubernur Riau SF Hariyanto, Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, dan Wakil Ketua III Komwil I Apeksi sekaligus Walikota Binjai Amir Hamzah.

 

Wakil Rektor IPDN, Suhajar Diantoro mengatakan pertumbuhan ekonomi terjadi di kota. Untuk itu, para wali kota harus menjadi pengayom masyarakat maupun swasta. Termasuk juga mengelola APBD dengan tata kelola yang baik.

 

“Kita mendorong wali kota untuk menjadi pengayom, agar mengelola APBD dengan tata kelola yang baik dan benar. Sehingga dapat mendorong swasta bertumbuh untuk membangun negeri,” kata Wakil Rektor IPDN, Suhajar.

 

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi terjadi di dalam kota. Pertumbuhan sebuah kota juga dinilai dapat berdampak langsung pada kemajuan di tingkat kabupaten sekitar. Untuk itu, kebijakan pemerintah pusat telah menurunkan kebijakan yang pro investasi di daerah.

 

“Karena membangun kota ini akan berdampak pada kemajuan kabupaten-kabupaten lain. Karena itu, kami berharap kebijakan pemerintah pusat yang pro investasi, dengan memudahkan perizinan, hanya walikota lah yang melaksanakannya dengan baik,” katanya.

 

Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kota Pekanbaru sebagai tuan rumah penyelenggaraan Raker Apeksi 2024.

 

“Pertemuan Apeksi merupakan momentum yang sangat berharga bagi kita sebagai pemangku kepentingan pembangunan di tingkat kota melalui forum ini kita dapat bertukar pengalaman dan memperkuat kerja sama dan merumuskan strategi bersama dalam menyelesaikan persoalan di wilayah pulau Sumatera,” kata Pj. Wali Kota Pekanbaru, Muslimin

 

“Sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru saya menyambut hangat kehadiran para kolega dari berbagai kota di Sumatera. Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan kerja sama yang kuat kita dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan yang telah direncanakan,” pungkasnya.

 

Raker Komwil I Apeksi 2024 sendiri dihadiri perwakilan wali kota dan delegasi anggota Komwil I Apeksi. Tercatat ada 24 anggota di wilayah Sumatera masuk dalam Komwil I.

 

Kegiatan berlanjut pada raker yang dipimpin oleh Wakil Ketua III Komwil I Apeksi Amir Hamzah, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Sekda Solok Syaiful, Asisten I Tanjung Pinang Tamrin Dahlan, Asisten I Medan Muhammad Sofyan. Acara diikuti seluruh anggota Komwil I Apeksi.

 

Turut hadir mendampingi Pj. Sekdako Tebing Tinggi, Asisten Pemerintahan, Kadis Kominfo, Kadis Kesbangpol, Kadis BPSDM, Kadis Perhubungan, Kadis Perkim, Kadis Dikbud, Kadispora, Kadis Kesehatan, Kepala BPBD, Kabag Protokol dll. (YF)

 

 

Editor : N gulo