WartaPoldasu.id- Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali mendapat pengakuan prestisius atas capaian kinerjanya. Kali ini, penghargaan tersebut datang dari Badan Pemeriksa Keungan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) yang mengganjar dengan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023.

 

Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD Tahun 2023 tersebut diterima oleh Wakil Bupati Sergai H. Adlin Tambunan dari Kepala Perwakiln BPK RI Sumut Eydu Oktain Panjaitan, SE, MM, Ak, CA, CSFA, di Kantor Perwakilan BPK RI Sumut, Medan, Senin (6/5/2024).

 

“Alhamdullilah, Pemkab Sergai kembali meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumut. Ini merupakan capaian keenam kalinya secara berturut-turut. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan sekaligus pencapain yang penting atas kinerja keuangan Pemkab Sergai,” ucap Adlin Tambunan.

 

Ia pun menyebut momen ini bukan hanya sekadar agenda rutin tahunan, tetapi juga sebagai tolok ukur keberhasilan dalam mengelola keuangan daerah secara transparan, akuntabel, dan efisien.

 

Opini WTP ini, lanjutnya, menandakan bahwa laporan keuangan Pemkab Sergai dinilai memenuhi standar yang ditetapkan, dan memenuhi harapan dalam hal transparansi dan akuntabilitas.

 

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras seluruh jajaran Pemkab Sergai, terutama jajaran OPD terkait. Kami juga berterimakasih kepada pihak BPK RI atas masukan dan saran yang telah diberikan yang tentu sangat berharga dalam prosesnya,” tambah Wabup Sergai.

 

Tidak hanya itu, Adlin Tambunan juga menyebut Pemkab Sergai tercatat sebagai salah satu daerah yang paling cepat dalam melaporkan LKPD tahun 2023 ke BPK RI Perwakilan Sumut. Hal ini, katanya, menunjukkan komitmen Pemkab Sergai dalam kedisiplinan dan ketertiban pengelolaan administrasi keuangan daerah.

 

“Seluruh prestasi ini tentu menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan keuangan daerah. Dengan opini WTP yang telah diraih secara konsisten, kami berharap Pemkab Sergai dapat menjadi contoh dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik dan bertanggung jawab,” tandasnya.

 

Hadir dalam kesempatan ini di antaranya Ketua DPRD Kabupaten Sergai H. Ilham Ritonga, SE, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Inspektur Sergai Drs. Dimas Kurnianto, AP, SH, MM, MSP, Plt Kepala BPKA Sergai, Muhammad Ali Lubis, SE, Sekretaris BPKA Hidayat Urrusyda, SE, M.Si, Ak., CA dan Sekretaris Inspektorat Erfin Fachrurazi, S.STP, M.SP serta jajaran BPK RI Perwakilan Sumut. (HW)

 

 

Editor : N gulo