WartaPoldasu.id- Unit Reskrim Polsek Indrapura berhasil menangkap seorang berinisial DS yang diduga telah melakukan pencurian handphone (HP) milik korban berinisial HR Jenis Kelamin Laki Laki Umur 53 Tahun Agama Islam Pekerjaan Wiraswasta Penduduk Dusun III Desa Kandangan Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara yang terjadi pada Hari Kamis Tanggal 02 Mei 2024 dinihari bertempat di kediaman adik korban di alamat yang sama.

 

Pelaku pencurian HP berinisial DS Jenis Kelamin Laki Laki Umur 25 Tahun Agama Kristen Pekerjaan tidak bekerja Penduduk Dusun Pemindahan Pakam Desa Aek Nauli Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara berhasil ditangkap di tempat pelariannya di Bandar Khalifa Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai pada Rabu (8/5) sekira Pukul 16.00 WIB.

 

Menurut Informasi yang diperoleh Wartawan Tabloid warta Poldasu dari Kepala Seksi Humas Polres Batu Bara menerangkan bahwa berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Kapolsek Indrapura AKP Jonni H. Damanik, S.H., M.H. kepada Kapolres Batu Bara dapat dijelaskan proses penangkapan pelaku pencurian HP berinisial DS dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Indrapura Ipda Ade Sundoko Masry, S.H. Diketahuinya keberadaan pelaku di Bandar Khalifa Kecamatan Tebing Syahbandar sebut Kapolsek berkat adanya informasi dari masyarakat yang diterima Personil Unit Reskrim Polsek Indrapura. Selanjutnya setelah menerima informasi tersebut, ungkap Kapolsek, Personil Unit Reskrim Polsek Indrapura yang langsung dipimpin oleh Kanit Reskrim bergerak cepat menuju lokasi.

 

Sesampainya di lokasi, ditegaskan Kapolsek, Personil Unit Reskrim Polsek Indrapura berhasil mendapatkan pelaku dan seterusnya petugas melakukan upaya interogasi atau pulbaket terhadap pelaku yang membuahkan hasil maksimal karena pada akhirnya pelaku mengakui telah mencuri HP beserta uang sebesar Rp.650.000,00 milik korban berinisial HR. Atas pengakuan pelaku tersebut, Personil Unit Reskrim Polsek Indrapura memboyong pelaku ke Mapolsek Indrapura guna pemeriksaan lebih lanjut berikut barang bukti berupa 1 (satu) unit HP merek Vivo Y01 Warna Biru Muda.

 

Dalam laporannya kepada Kapolres Batu Bara, Kapolsek Indrapura AKP Jonni H. Damanik, S.H., M.H. juga menguraikan kronologi peristiwa pencurian HP yang dilakukan pelaku, yaitu sebagai berikut:Secara singkat dapat disampaikan bahwa pencurian HP milik korban HR diketahui pada Hari Kamis Tanggal 02 Mei 2024 sekira Pukul 02.00 WIB dini hari. Ketika itu korban HR tidur di rumah adiknya di Dusun III Desa Kandangan Kecamatan Laut Tador. Pada Pukul 02.00 WIB dini hari korban terbangun dari tidurnya dan melihat pintu belakang rumah terbuka. Melihat pintu belakang rumah terbuka korban mengaku merasa terkejut dan langsung membangunkan adiknya beserta suami adiknya guna memberitahukan kalau pintu belakang rumah mereka telah terbuka. Mengetahui situasi yang demikian itu, baik korban maupun adiknya melakukan pengecekan terhadap barang barang yang ada di rumah.

 

Setelah melakukan pengecekan barulah korban dan adiknya sadar kalau rumah mereka telah dimasuki maling karena dari hasil pengecekan, HP milik korban merek Vivo Y01 warna biru telah raib, uang sebesar Rp.650.000,00 hilang, dan tabung gas lpg 3 kg juga turut lenyap. Jika dihitung berdasarkan nilai uang, korban HR beserta adiknya mengalami kerugian sebesar Rp.3.150.000,00 (tiga juta seratus lima puluh ribu rupiah).

 

Atas kejadian pencurian itu korban HR keesokan harinya melapor ke Bagian SPKT Polsek Indrapura yang kemudian petugas SPKT telah meregistrasi laporan korban dengan nomor:LP/B/56/V/2024/SPKT/Polsek Indrapura/Polres Batu Bara/Polda Sumatera Utara.Saat ini penyidik Polsek Indrapura sedang melakukan pemeriksaan intensif terhadap pelaku dan saksi saksi. Akibat dari perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan Pasal 363 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP). (Zulkifli)

 

 

Editor : N gulo