WartaPoldasu.id- Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri undangan Seminar dan Silatuhrahmi Ulama, Zuama, Tokoh dan, Cendikiawan Muslim Sergai, yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Minggu (12/5/2024).

 

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan atas nama Pemkab Sergai, dirinya merasa bahagia atas terselenggaranya acara hari ini di mana dalam momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai wadah silaturahmi untuk meningkatkan kebersamaan antara Pemkab, alim ulama, tokoh agama, dan masyarakat Sergai, dan yang paling penting untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan batiniah antara sesama umat Islam di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

 

“Kegiatan ini dapat membangun kebersamaan dan tali silaturahmi di antara kita bersama. Keharmonisan dan kedamaian di tengah-tengah kemajemukan kita sebagai suatu bangsa. Kami yang saat ini sedang mengemban amanah untuk memimpin Sergai mengajak bapak, saudara-saudara, dan orang tuaku semua yang hadir, untuk selalu bergandengan tangan bersama kami membangun Sergai,” ujar Bupati Sergai.

 

Sebagai contoh, Bupati Sergai menyebut Rasulullah SAW pada jaman dahulu menghadapi tantangan yang amat berat, tetapi beliau sabar, tegar bersama umat, bersama sahabat, bersama semua yang berjuang di jalan Allah. Ia kemudian mengajak umat Islam harus bisa bersabar dan tegar dalam menghadapi tantangan, walaupun tidak seberat tantangan yang di hadapi Rasulullah SAW.

 

“Allah SWT tidak akan merubah nasib dan masa depan Kabupaten Sergai, kecuali kita sendiri yang merubahnya, mari kita amalkan firman Allah. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah dalam hidup dan kehidupan kita menuju Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tambahnya.

 

Pada kesempatan ini juga, Bupati yang akrab dengan panggilan Bang Wiwik ini berharap kebersamaan dan dukungan dari masyarakat Sergai, agar pembangunan yang dilaksanakan pemerintah dapat berhasil.

 

“Apabila yang dilaksanakan pemerintah berhasil, Insya Allah dengan rida Allah SWT masa depan kita akan lebih baik dari masa sekarang ini,” yakin Bang Wiwik.

 

Tak lupa Darma Wijaya mengucapkan syukur berkat nikmat Allah SWT sehingga umat Islam dapat merayakan Idul Fitri 1445 H, hari besar yang membawa kepada kesejatian diri. Sebagaimana biasanya pada bulan Syawal, ia menyebut kegiatan silaturahmi selalu dilaksanakan oleh masyarakat Islam

 

“Kegiatan ini memberikan peluang bagi kita untuk saling bertatap muka dan melepaskan segala kerinduan serta saling memberi kemaafan dengan berbekal spiritualitas Ramadan yang kita jalani. Mari kita jadikan kegiatan ini untuk menguatkan tekat saling memaafkan, menguatkan niat untuk menebar kasih sayang,” pesan Bupati menutup sambutannya.

 

Sementara itu Ketua MUI Sergai Drs. H. Hasful Huznain, SH, dalam sambutannya menyebut jika persuadaraan atau Ukhuwah Islamiyah sifanya lebih penting dari sekadar simbol-simbol apa pun, termasuk perbedaan pandangan atau pilihan politik. Baginya, perbedaan adalah sesuatu yang wajar dan diperbolehkan karena itu berdasarkan ijtihad masing-masing. Namun menurutnya perbedaan tersebut jadi tidak benar kalau kemudian sampai memutuskan tali silaturahmi.

 

“Inilah yang menjadi alasan digelarnya seminar dan Silaturahmi Ulama, Zuama, Tokoh, dan Cendikiawan Muslim. MUI Sergai sebagai Pelayan Umat atau Khadimul Ummah dan mitra Pemerintah atau Shadiiq Hukumah. Persaudaraan ini perlu dikukuhkan kembali di tengah masyarakat apalagi masih dalam suasana tahun Politik,” papar Hasful Huznain.

 

Acara kali ini dihadiri oleh antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Zulfikar, Kaban Kesbangpol Drs. Nasrul Azis Siregar, unsur MUI se-Kabupaten Sergai, Organisasi Islam Sergai, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para alim ulama. (HW)

 

 

Editor : N gulo