WartaPoldasu.id- Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi menerima kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias. Kedatangan kunker Wakil Bupati (Wabup) Nias Arota Lase, A.Md. bersama rombongan diterima langsung Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., di rumah dinas Wali Kota Jl. Dr. Sutomo, Senin (13/05/2024).

 

Kedatangan kunker Pemkab Nias tersebut dalam rangka terkait studi tiru dan studi banding Pemkab Nias dalam pelaksanaan koordinasi dan konsultasi tentang pembentukan dan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Kota Tebing Tinggi.

 

Dalam kesempatan itu, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi menjelaskan keadaan dan bentuk pelayanan yang tersedia di MPP Kota Tebing Tinggi, serta berharap Pemko Tebing Tinggi dan Pemkab Nias dapat menjalin kerja sama sebagai bentuk sinergitas dan kepentingan masyarakat kedua daerah.

 

“MPP kami 1 lantai, sifatnya administrasi, namun tidak semata-mata administrasi, ada waktu perlu pelayanan seremonial, semisal nikah. Di lantai 2 ialah ruang gedung serbaguna”, jelas Pj. Wali Kota.

 

“Bila perlu dilakukan MoU, akan kita lakukan sebagai bentuk sinergitas dan memajukan serta mensejahterakan masyarakat, khususnya di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Nias”, pungkas Pj. Wali Kota.

 

Sementara Wabup Nias Arota Lase, A.Md. menjelaskan alasan Pemkab Nias menentukan Pemko Tebing Tinggi menjadi lokus studi tiru atau studi banding dalam rangka pelaksanaan koordinasi dan konsultasi tentang pembentukan dan penyelenggaraan MPP.

 

“Tentu pertanyaannya adalah, mengapa lokusnya di Kota Tebing Tinggi? Jawabannya, karena kami peroleh informasi, bahwa penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Tebing Tinggi sudah berjalan dengan baik dan khusus penyelenggaraan MPP telah diresmikan pada tahun 2022 yang lalu. Bahkan, Pemerintah Kota Tebing Tinggi merupakan salah satu dari 4 Kabupaten/ Kota di provinsi Sumatera Utara yang telah membentuk dan menyelenggarakan Mal Pelayanan Publik tersebut”, terang Wabup Nias.

 

Lanjut disampaikan Wabup Nias, saat ini Pemkab Nias sedang melakukan pembenahan penyelenggaraan pelayanan publik dan berdasarkan penilaian dari Ombudsman RI, Pemkab Nias telah 2 tahun berturut-turut masuk kategori zona hijau. Dan pada tahun 2024 ini, Pemkab Nias memprogramkan untuk membentuk dan menyelenggarakan Mal Pelayanan Publik, sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 89 tahun 2021 tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

 

“Kiranya Pemerintah Kota Tebing Tinggi membantu kami untuk persiapan pembentukan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Nias. Kami juga berharap, kiranya kepada kami diberi kesempatan untuk melakukan peninjauan Mal Pelayanan Publik di Kota Tebing Tinggi ini, termasuk studi tiru atas dokumen yang terkait dengan pengusulan pembentukan dan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik”, ujar Wabup Nias.

 

Di samping itu, tambah Wabup Nias, berdasarkan informasi yang diterima, bahwa sudah banyak aplikasi digital yang dibangun dan dimiliki oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi di bidang pelayanan publik, akuntabilitas kinerja, dan reformasi birokrasi.

 

Berkenaan hal tersebut, Wabup Nias juga berharap, kiranya ke depan, adanya terjalin kerja sama antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan Pemkab Nias dalam hal pemanfaatan aplikasi digital yang telah dibangun dan dimiliki oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi di bidang pelayanan publik, akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi tersebut.

 

“Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, secara khusus kepada bapak Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, yang telah menerima kunjungan kami dari Pemerintah Kabupaten Nias, dengan harapan kiranya hubungan yang baik ini akan terus berlangsung dan ditingkatkan pada masa yang akan datang”, tutup Wabup Nias.

 

Turut dihadiri, dijajaran Pemko Tebing Tinggi, Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE, Plt. Kepala DPMPTSP Amris Siahaan, S.Pd., M.Si., Kabag Organisasi Ernawati Lubis, S.Pd., M.Kes., Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si., Plt. Kabag Prokopim Faisal Ahmad, S.Ag. dan tim peliputan Diskominfo.

 

Sementara dijajaran Pemkab Nias, hadir Sekkab Nias Samson P. Zai, Asisten Administrasi Umum Fabualasa Laoli, Kadis PMPTSP Frans Jeffry Wirawan Wau, Kadis Kominfo Rahmat Chrisman Zai, Kepala BKPSDM Efori Telaumbanua, Kabag Organisasi Rais Ridhan Zendrato dan didampingi oleh beberapa orang staf. (YF)

 

 

Editor : N gulo