WartaPoldasu.id- Mewakili Pj. Bupati Aceh Tamiang, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat, Muslizar, S.Pd, MM, membuka secara resmi kegiatan pembinaan minat, bakat dan kreativitas siswa yang diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga (GOR)  setempat, Senin (13/5/24).

Dalam sambutannya, Muslizar memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Disdikbud Aceh Tamiang. Kegiatan ini menurutnya sangat positif karena sebagai bagian dari upaya kita untuk menggali potensi generasi muda dalam menemukan minat dan kegemaran yang dapat menjadi cikal bakal dalam pengembangan kualitas diri ke depan.

“Kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan,” ungkapnya.

Ditambahkan Muslizar, pemkab meyakini para siswa mampu mengeluarkan potensi terbaiknya di ajang tahunan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Abdul Muthalib mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk untuk menguji kompetensi di bidang pengetahuan, menyalurkan bakat dan semangat di bidang olah raga, serta berkreasi dan kolaborasi di bidang seni, dengan menampilkan semangat juang, karya kreatif dan inovatif peserta didik yang berasal dari Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Bumi Muda Sedia ini.

“Ajang perlombaan yang akan dilombakan yaitu Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 1.986 Peserta dari Jenjang SD dan SMP perwakilan dari 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang”, terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan yang menjadi Ketua Panitia, T. Budi Darma melaporkan, Olimpiade Siswa Nasional yang diselenggarakan akan memperlombakan beberapa mata pelajaran meliputi pelajaran IPA, Matematika dan IPS. Untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional akan melombakan beberapa cabang olahrga seperti renang, bulu tangkis, pencak silat, karate, Kid’s Athletics dan Atletik. Untuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) akan melombakan cabang seni menyanyi solo, seni pantomim, seni tari kreasi, seni kreativitas musik nasional, seni ilustrasi, seni ensambel musik, seni gambar bercerita, dan seni tari.

Dijadwalkan olimpiade ini akan berlangsung selama delapan hari yang berpusat di Gelanggang Olah Raga, aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Secara seremonial, pembukaan acara ini ditandai dengan pelepasan parade peserta lomba. (Tim)

 

 

Editor : N gulo