WartaPoldasu.id- Guna mendukung peningkatan kualitas hidup dan mendukung pertumbuhan ekonomi Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M meninjau langsung lokasi yang akan digunakan untuk membangun ruang publik, Kantor Camat Air Putih, Kecamatan Air Putih, Selasa (14/05/2024).

 

Turut mendampingi Pj. Bupati Nizhamul Asisten II Setdakab Batu Bara Bambang Hadisuprapto, Kepala Bappelitbangda Arif Hanafiah, Kadis PUTR Kurnia Lismawati, Kadis Kominfo Edwin Aldrin Sitorus, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Rijali, Camat Air Putih Muliadi, Camat Medang Deras Syahrizal, Camat Talawi Ilyas dan Camat Sei Balai Wali Wala Azhari Sagala.

 

Tidak hanya meninjau lokasi ruang publik di Kecamatan Air Putih, Pj. Nizhamul juga meninjau lokasi lainnya yaitu Kantor Camat Sei Balai, ⁠Desa Padang Genting Talawi dan ⁠Desa Pagurawan Kecamatan Medang Deras.Ruang publik ini berfungsi sebagai wadah berinteraksi, tempat melakukan aktivitas antara lain olahraga, rekreasi, pameran, pertunjukan kesenian, edukasi, sampai kegiatan menjual (pedagang) informal dan sebagai tempat wisata dan edukasi.Selain itu ruang publik juga bermanfaat untuk menentukan karakter suatu kota sekaligus aset bagi suatu kota, memenuhi kualitas lingkungan hidup sebagai paru-paru kota,  memperindah lingkungan kota, memenuhi kebutuhan rekreasi dan edukasidan  menciptakan nilai tambah secara ekonomi, sosial serta lingkungan.

 

Nantinya akan ada 5 lokasi yang akan dibangun ruang publik yaitu di Kantor Camat Air Putih, Kantor Camat Sei Balai, ⁠Simpang Sei Bejangkar, Desa Padang Genting Talawi dan ⁠Desa Pagurawan Kecamatan Medang Deras.

Dalam tinjauannya Pj. Nizhamul mengatakan bahwa Pemkab Batu Bara berencana bekerja sama dengan pihak –  pihak ketiga untuk membangun ruang publik atau tempat anak-anak bermain, tempat anak-anak berkumpul.”Nantinya disini akan ada pelajaran, edukasi, sarana bermain dan permainan rakyat.

 

Hal ini bertujuan untuk menghindari anak – anak ikut tawuran dan mudah berkeliaran” ucap Nizhamul.Selain itu juga akan disediakan internet gratis untuk menambah daya tarik anak – anak.”Nanti kami siapkan Wifi gratis, jadi silahkan nanti warga dan rekan – rekan yang ada disekitar sini silahkan datang beramai-ramai berkumpul dan Insya Allah minggu depan akan bertemu pihak-pihak yang membantu dalam pengerjaan dan pendanaannya semoga dapat terealisasi dengan cepat” ucap Pj. Nizhamul.

 

Selanjutnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi, Pj. Nizhamul mengatakan akan ada UMKM yang berjualan di daerah ruang publik tersebut.( Zul)

 

 

Editor : N gulo