WartaPoldasu.id- Keseriusan pemerintah sumatera utara dalam mencegah peredaran gelap narkoba di wilayah sumatera utara terus ditingkatkan, pemerintah sumatera utara dalam hal ini Kesbangpol Sumut bekerjasama dengan Kesbang pol Mandailing natal mengadakan acara optimalisasi pembangunan kelurahan/desa bersinar atau bersih narkoba yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut di tempat yang berbeda.

 

Mulai hari senin 13 mei bertempat di madrasah desa pembangunan kecamatan panyabungan, kemudian disusul hari selasa di Aula kantor kepala desa Lumbanpasir kecamatan panyabungan, kemudian yang terakhir di aula hotel rindang jalan willem iskander Panyabungan 15/05/2024 .

 

 

Di setiap Acara dibuka oleh bupati mandailing natal yang diwakili oleh kaban kesbang pol mandailing natal ir.Kasban. Peserta yang hadir adalah seluruh relawan anti narkoba se kecamatan panyabungan, Panyabungan Timur, di tambah TP ibu pkk seluruh desa se kecamatan panyabungan dan desa bersinar.

 

Acara yang dilaksanakan oleh Kesbangpol sumatera utara bekerjasama dengan kesbang pol kabupaten Mandailing natal berjalan dengan baik dan lancar.

 

Awal sambutan pemerintah provinsi sumatera utara mengucapkan agar kita tetap selalu waspada dengan peredaran gelap narkotika yang ada di sekitar kita,

bahkan Presiden republik Indonesia menegaskan bahwa Indonesia telah memasuki situasi darurat narkoba.

 

Dalam sambutan bupati mandailing natal yang dibacakan oleh kaban kesbang pol Madina, berdasarkan hasil penelitian lembaga ilmu pengetahuan indonesia atau lipi dan Badan Narkotika Nasional BNN RI tahun 2019 mengatakan sumatera utara menjadi propinsi dengan relevansi penyalahgunaan narkoba yang tertinggi di indonesia, mencapai 7% atau setara dengan jumlah penduduk 1,7 juta jiwa, dengan ini propinsi sumatera utara bukan saja sebagai tempat transit tetapi juga sudah menjadi pasar untuk penyalahgunaan peredaran gelap narkotika.

 

Untuk menekan meluasnya peredaran narkoba, pemerintah sumatera utara membentuk relawan di 19 kabupaten kota yang merupakan daerah yang memiliki zona merah terbanyak, yaitu :

kota Medan kabupaten Deli serdang, kabupaten Karo, kabupaten Dairi, kota Tebing tinggi, kota Binjai, kabupaten Serdang Bedagai, kabupaten Batubara, kabupaten Asahan, kota Tanjungbalai kota Pematangsiantar, kabupaten Simalungun, kabupaten Labuhanbatu, kabupaten Labuhanbatu utara, kabupaten Labuhanbatu selatan, kabupaten Tapanuli selatan, kabupaten Tapanuli utara, kabupaten Mandailing natal.

 

Dengan membentuk 4500 relawan dari 300 kelurahan/desa guna untuk menekan beredarnya pereradaran narkoba di zona zona merah.

 

Dengan diadakannya optimalisasi pembangunan kel/desa bersih narkoba atau desa bersinar, peredaran gelap narkoba semakin sedikit sehingga bisa menyelamatkan generasi muda atau anak-anak kita di kabupaten mandailing natal ujar kaban.

 

Desa bersinar adalah satuan wilayah setingkat kelurahan atau desa yang memiliki kriteria tertentu di mana terdapat pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang dilaksanakan secara masif, sampai dengan tahun 2024 ada 23 desa kelurahan di mandailing natal yang dijadikan sebagai desa bersinar.

 

Dengan kesimpulan bahwa bahaya penyalahgunaan narkoba sudah semakin mencemaskan, sehingga penanggulangannya perlu memperoleh perhatian khusus dari segenap komponen pemerintah dan masyarakat.

 

Melalui semangat kebersamaan yang dilandasi oleh kesadaran akan pentingnya upaya perlindungan terhadap masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkoba, kita harus dapat mengambil peran penting dalam mewujudkan masyarakat indonesia bebas dari bahaya narkoba .

 

Untuk mengatasi permasalahan Narkoba harus melibatkan seluruh komponen masyarakat dengan mencari akar permasalahannya, dengan melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba

 

Kiranya kita semua harus sepakat, bahwa mencegah lebih baik daripada menindak, oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan dini agar generasi muda kita tidak menjadi korban peredaran narkoba ujar kaban kesbang pol.

 

Acara berakhir hari rabu 15 mei 2024 di aula hotel Rindang Panyabungan.(AM nas)

 

 

Editor : N gulo