WartaPoldasu.id- Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako menggelar Tasyakuran Calon Haji Tahun 2024, Selasa (14/05/2024) di gedung Balai Kartini Lama Jln. Imam Bonjol No. 64, Kelurahan Satria.

 

Hadir dalam acara, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. didampingi Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE., Wakil Ketua II DPRD Iman Irdian Saragih, S.E., Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Kasubag Bekpal Bag Log Polres AKP. Rustam Effendi mewakili Kapolres, Jaksa Fungsional Alvin Z. mewakili Kajari dan Sekretaris PN Tegen Maharaja, S.Kom., S.H., M.H. dan perwakilan PA.

 

Terlihat hadir dari para Calon Jemaah Haji (CJH), pejabat lingkup Pemko Tebing Tinggi, diantaranya Plt. Asisten Ekbang Ir. Nasrullah yang menjabat juga sebagai Kabag Perekonomian dan SDA serta Kadis BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, AP., M.Si.

 

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Drs. Syarmadani, M.Si., mengatakan tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk berangkat haji, hal ini tidak semata-mata karena uang, namun fisik harus kuat dan terutama harus selalu bersabar.

 

“Bapak Ibu sekalian insyaallah sebagai seorang tamu Allah, bapak ibu akan mendapatkan keistimewaan, jadi besarkan hati, bulatkan sekali niat bahwa kita benar-benar menjadi tamu Allah,” kata Pj. Wali Kota.

 

Pun Pj. Wali Kota berpesan, untuk selalu membawa buku petunjuk, menjaga sopan kesantunan dan mengingat cuaca yang akan cukup panas, mencapai 40 derajat Celcius, agar selalu menjaga kesehatan.

 

“Cukup minum, vitamin lain juga termasuk obat-obat kelengkapan pribadi bapak, ibu jemaah haji yang Insyaallah selalu dalam rahmat Allah. Menjaga kesehatan karena memang kesehatan fisik kita butuhkan, berharap sesama kita menjaga persaudaraan ada waktunya yang sehat membantu yang kurang sehat, yang muda membantu yang sudah umur, sudah uzur. Jadi niatkanlah untuk saling menolong,” pesan Pj. Wali Kota.

 

Tak lupa, Pj. Wali Kota menitipkan doa kepada para Calon Jemaah Haji, memohon doa agar kita semua mampu menjalankan ibadah haji bagi yang belum, meminta kepada Allah SWT dan juga buat keselamatan Kota Tebing Tinggi.

 

“Kita tidak tahu kapan musibah itu datang, kita tidak tahu kapan barokah itu datang, tapi setidaknya dengan berdoa, mudah-mudahan itu memperbaikinya. Saya mohon maaf dan mohon dimaklumi jika nanti pada saat pelepasan di lapangan Sri Mersing saya tidak bisa bersama bapak, ibu sekalian, tapi mudah-mudahan doa kita selalu bertemu di langit yang ke-7 ke sana. Terima kasih atas segala sesuatunya, Wassalamualaikum Wr Wb,” tutup Pj. Wali Kota.

 

Senada, Wakil Ketua II DPRD Iman Irdian Saragih, S.E., yang ikut berangkat bersama menunaikan ibadah haji, berharap semoga CJH menjadi haji yang mabrur, selalu diberi kesehatan, selamat sampai tujuan dan diberi kesehatan kembali ke tanah air dengan selamat.

 

“Semoga lebih khusyuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Tetap kuat, semangat, niatkan, yang baik kedepan jauh lebih baik. Sekaligus kita doakan Kota Tebing Tinggi lebih baik kedepannya, tolong doakan di Tanah Suci,” pungkas Iman Irdian Saragih.

 

Sementara, Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag., M.M. mengatakan bahwa pihaknya telah membekali Calon Jemaah Haji (CJH) dengan manasik haji melalui penyuluhan manasik haji.

 

“Program yang kita buat baik dari masyarakat maupun penyuluh-penyuluh agama di Kemenag. Dan kita juga sudah memberi bekal manasik haji, tingkat Kota tanggal 22-23 April 2024 dan tingkat Kecamatan tanggal 25-03 Mei 2024,” terangnya.

 

Ungkap Kakan Kemenag, CJH Kota Tebing Tinggi tergabung dalam kloter terbang 5, yang terdiri 3 Kabupaten, Kota, yakni Pematang Siantar (201 CJH), Kabupaten Karo (14 org) dan Kota Tebing Tinggi sebanyak 136 orang termasuk TPHD dari Kota Tebing Tinggi.

 

Masih ujar Kakan Kemenag, untuk pemberangkatan kloter 5, Calon Jemaah Haji akan di terima di Asrama Haji Medan, Kamis (16/05) jam 17.00 WIB dan akan diterbangkan di jam 16.45 WIB, pada keesokan hari, Jumat (17/05).

 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pj. Wali Kota yang telah memfasiltasi kegiatan ini. Bertambah bersyukur. Jadi mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah bagi kita dan menjadi kekuatan bagi Kota Tebing Tinggi,” tutup Kakan Kemenag.

 

Sebelumnya, Kabag Kesra Aidil, S.E., M.Si. menyampaikan dalam laporan, bahwa dasar pelaksanaan acara melalui Keputusan Pj. Wali Kota Tebing Tinggi nomor 451 / tahun 2024 tanggal 06 mei 2024 tentang pembentukan panitia penyelenggara pemberangkatan dan pemulangan jama’ah haji Kota Tebing Tinggi tahun 2024.

 

“Dengan maksud dan tujuan adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Kedua, dengan rasa syukur tersebut semoga dalam menunaikan ibadah haji tahun ini diberikan kekuatan lahir dan bathin, sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat terlaksana seperti yang diinginkan syari’ah,” terang Kabag Kesra.

 

Adapun tema acara, “Meneguhkan Hati, Meluruskan Niat Dan Memantapkan Semangat Untuk Memenuhi Panggilan Ilahi Menunaikan Ibadah Haji”.

 

Acara dirangkai dengan penyerahan bingkisan dari Pemko Tebing Tinggi dan juga dari Iman Irdian Saragih sekaligus berfoto bersama dilanjutkan tauziah yang disampaikan oleh Ketua MUI Drs. Akhyar Nasution.

 

Turut dihadiri, perwakilan Kepala OPD, Camat dan Lurah atau mewakili, perwakilan organisasi keagamaan dan tim peliputan Diskominfo. (YF)

 

 

Editor : N gulo